Asupan gizi untuk penderita asam urat dengan gejala akut - Gizi Klinik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Dian Permatasari, M. Gizi, Sp.GK. Ijin bertanya, apakah edukasi terkait gizi pada penderita asam urat dengan gejala akut sama dengan edukasi gizi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Asupan gizi untuk penderita asam urat dengan gejala akut - Gizi Klinik Ask the Expert

    Dibuat 16 September 2021, 10:15

    Alo dr. Dian Permatasari, M. Gizi, Sp.GK. Ijin bertanya, apakah edukasi terkait gizi pada penderita asam urat dengan gejala akut sama dengan edukasi gizi terhadap penderita asam urat pada umum nya?

    Mohon pencerahan.

    Terima kasih dok. 🙏🏼

16 September 2021, 10:31

Alo Dr Albert selamat siang, terima kasih pertanyaannya. Pada prinsipnya diet untuk pasien urat dlm kondisi akut dan kronik tidak berbeda. Hanya saja pada saat akut boleh menambahkan bahan makan sumber antiinflamasi, salah satunya yang mengandung omega-3 spt ikan laut, kacang almond, minyak ikan, dsb atau dalam bentuk suplementasi untuk membantu mengurasi nyeri dan bengkak. Semoga membantu ya. 

16 September 2021, 10:41
Terima kasih banyak untuk asupan nya, dok. 🙏🏼
21 Oktober 2022, 13:45

Selamat Siang Dr Dian, ijin bertanya, ikan laut seperti tuna, salmon itu termasuk bahan makanan anti inflamasi ya, apakah kadar purinnya tidak terlalu tinggi untuk seorang penderita asam urat ? Mohon pencerahan, terimakasih.

24 Oktober 2022, 09:15

ALO dr. Pramestiamurti, setuju dok..
Sebuah tinjauan sistematik menyebutkan bahwa konsumsi makanan tinggi purin yang bersumber dari hewan dan makanan laut merupakan faktor kunci meningkatnya kadar asam urat. Sedangkan, makanan tinggi purin dari sayuran, tidak mengakibatkan efek serupa secara bermakna.

Referensi: https://www.alomedika.com/hubungan-antara-diet-dengan-gout

Oya, silahkan bertanya dengan thread/judul baru dan nantikan program ask the expert bersama spesialis gizi berikutnya.. terimakasih