Penggunaan tes darah kapiler dalam diagnosa anemia - Patologi Klinik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO DOK.Izin bertanya dr. Maria Sp.PKSaat ini sangat banyak alat tes untuk hemoglobin dalam darah.Alat yang menggunakan darah kapiler sebagai sample nya....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan tes darah kapiler dalam diagnosa anemia - Patologi Klinik Ask the Expert

    03 Februari 2022, 13:02
    dr.Jimmy
    dr.Jimmy
    Dokter Umum

    ALO DOK.

    Izin bertanya dr. Maria Sp.PK

    Saat ini sangat banyak alat tes untuk hemoglobin dalam darah.

    Alat yang menggunakan darah kapiler sebagai sample nya. Bagaimana sebenarnya keakuratan alat tersebut dibandingkan alat dengan menggunakan darah vena. ? Apakah alat tersebut boleh kita gunakan untum mendiagnosa keadaan anemia? Dan kira-kira. Rekomendasi dari patologi klinik sendiri, apakah ada merk tertentu yang recomended? Terima kasih dok.

04 Februari 2022, 07:50
dr. maria SpPK
dr. maria SpPK
Dokter Spesialis Patologi Klinik

Terimakasih sebelumnya. Persoalannya bukan pada sumber pengambilan darahnya apakah darah vena atau kapiler, tetapi pada alat yg digunakan untuk deteksi parameter darahnya.

Yang penting disini adalah alat yang digunakan harus terstandarisasi, akurat dan terkalibrasi dengan baik. Kalau maksudnya disini pemeriksaan darah Hb dengan menggunakan teknik Sahli memang penyimpangannya jauh karena berdasarkan penglihatan mata atau subjektif. 

05 Februari 2022, 23:17
Ada rekomendasi merk/tipe alatnya ga dok yg menurut dokter alat tersebut sudah standar ?
07 Februari 2022, 09:36
dr. maria SpPK
dr. maria SpPK
Dokter Spesialis Patologi Klinik

Terimakasih sebelumnya. Alat yang sudah standar banyak. Seperti sysmex, Human, Diagon, Mindray dan lain2. Kalau memilih alat sebaiknya ditanya populasi penggunaannya, sensitivitas dan spesifisitasnya dan tak kalah penting hasil pemantapan mutu eksternalnya. Semoga bermanfaat.