Batas melakukan percobaan infus pada anak - Anak Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore dr. Yoke Kinanthi Putri, M.Sc, Sp.A, IBCLC, izin bertanya, kan mungkin sering, ya Dok, saat di RS, terjadi kesulitan pemasangan infus, misalnya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Batas melakukan percobaan infus pada anak - Anak Ask the Expert

    01 Desember 2022, 17:01

    Selamat sore dr. Yoke Kinanthi Putri, M.Sc, Sp.A, IBCLC, izin bertanya, kan mungkin sering, ya Dok, saat di RS, terjadi kesulitan pemasangan infus, misalnya karna anaknya sudah dehidrasi berat, atau anak yang obesitas sehingga venanya tidak terlihat. 

    Nah, adakah sebenernya guideline atau aturan yang menyatakan dengan pasti maksimal berapa kali tusukan yang bisa dilakukan saat pemasangan infus via vena perifer gagal.

    Terima kasih Dok 

01 Desember 2022, 17:33

Alo dokter, terima kasih atas pertanyaannya.

Sejauh ini sepertinya belum ada ya dok guideline universalnya utk berapa kali tusukan yg bisa dilakukan. Semuanya kembali ke kebijakan RS masing-masing. Di bbrp RS ada yg tusuk berapa kali pun sampai berhasil ya.. Tp ada juga RS yg menetapkan kebijakan misal maksimal 2 kali tusuk, bila tidak berhasil maka harus orang yg lebih ahli diatasnya yg mengerjakan. 

Demikian semoga menjawab ya.

01 Desember 2022, 19:37
Jika terdapat tanda dehidrasi berat, maka masuk ke tatalaksana diare rencana terapi C. Usahakan mendapatkan akses intravena. Jika akses intravena susah didapat,  bisa dimulai rehidrasi dengan oralit melalui pipa Nasogastrik/ Orogastrik. Berikan sedikit demi sedikit, 20 ml/kg BB/jam selama 6 jam.  Nilai setiap 1-2 jam: -Bila muntah atau perut kembung berikan cairan lebih lambat. -Bila rehidrasi tidak tercapai setelah 3 jam rujuk untuk terapi Intravena atau dapat dicoba lagi untuk mendapatkan akses intravena. Setelah 6 jam nilai kembali dan pilih rencana terapi yang sesuai.