ASI perah sudah melebihi batas simpan - Diskusi Dokter

general_alomedika

dok, sebenarnya untuk ASI perah yang disimpan dan sudah lebih dari batas waktu simpan ( misalnya disimpan di freezer 2 pintu sudah lebih dari 6 bulan),...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • ASI perah sudah melebihi batas simpan

    20 November 2018, 20:04

    dok, sebenarnya untuk ASI perah yang disimpan dan sudah lebih dari batas waktu simpan ( misalnya disimpan di freezer 2 pintu sudah lebih dari 6 bulan), selain kandunggan nutrisi ASI yang sudah sangat berkurang, apakah ada dampak negatif lain jika diberikan kepada bbayi?



    btk

20 November 2018, 20:57
Alo dokter!
Bisa terjadi pertumbuhan mikroba pathogen dok. Yang tentunya jika diberikan pada bayi bisa menyebabkan penyakit.
Ini salah satu studinya :
https://europepmc.org/abstract/med/11320771
21 November 2018, 06:07
Selamat pagi dok, 

ASI perah setahu saya dapat disimpan di deep freezer freezer  hingga 12 bulan dan freezer kulkas 2 pintu hingga 6 bulan, namun memang benar disarankan pemakaiannya yang optimal adalah dalam 6 bulan, sekalipun dibekukan dengan deep freezer. Setelah 6 bulan, menurut penelitian, dikhawatirkan kandungaan vitamin C susu perah telah banyak hilang; dan susu yang diambil saat 6 bulan lalu (misalnya saat bayi masih neonatus) belum tentu sesuai dengan kebutuhan gizi bayi saat ini, mengingat telah terjadi pertambahan usia bayi dan perubahan kebutuhan gizi. 
(Sumber: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/breast-milk-storage/art-20046350)

Apabila sudah mendekati expired atau melewati batas tanggal expired, sebaiknya pemakaian asi harus sangat berhati, hati dan betul-betul diperiksa, dicium, dan dicicipi untuk menilai apakah asi sudah basi atau belum. Apabila basi, sebaiknya ASI dibuang saja, karena kemungkinan komposisi telah tidak sehat dan dapat mengandung bakteri patogen.

Demikian tanggapan saya, semoga membantu dok.

Terimakasih