Bayi usia <1 bulan apakah dapat diberikan susu formula karena ASI ibu sedikit - Diskusi Dokter

general_alomedika

Pada kasus ASI keluar sedikit , pumping sekitar 20 menit hanya keluar rembesan kurang lebih 1cc terkadang juga tidak keluar, sedangkan bayi sudah berusia 4...

Diskusi Dokter

03 April 2022, 09:58
Apakah sudah dicoba dilakukan pijat laktasi dok? Siapa tau PDnya tersumbat jadi perlu pijat laktasi untuk mengatasinya
03 April 2022, 11:54
Alo dokter
Ada beberapa faktor yg menyebabkan hasil pumping sedikit. Pertama anak sudah meminum ASI sehingga hasil pumping hanya sisa2nya saja. Kedua ada penyumbatan di puting yg mungkin belum di bersihkan. Bisa dibersihkan terlebih dahulu atau melakukan pijat laktasi. Tetap menyusui dan sering pumping agar produksi asi semakin meningkat. Jangan berpikir negatif hingga membuat stres atau mudah khawatir ketika hasil pumping sedikit, krn akan memengaruhi kondisi psikologis sang ibu dan produksi ASI. Bisa juga pasien berkonsultasi langsung dengan konsultan laktasi, mungkin ada hal lain yg perlu di pertimbangkan sebelum pemberian sufor. Terima kasih
04 April 2022, 05:28
Alo dokter, ijin ikut berdiskusi yaa. Untuk bayi baru lahir, yg terbaik yg bisa diberikan adalah ASI yaa. Sehingga perlu rangsang isapan bayi jg agar produksi ASI lebih lancar.
Sehingga disarankan jgn berpatok pd hasil pumping, tp utamakan bayi lgsg disusukan pd payudara dan payudara mendapat rangsang lgsg dari isapan mulut bayi.
Karena sepengalaman saya sbg busui jg, memang di awal2 itu ASI tdk efektif untuk dilakukan pumping, masih harus dirangsang dan sering2 disusukan ke bayi dulu. Jd sebaiknya tetap sering2 menyusui agar produksi ASI stabil, dan evaluasi kecukupan ASI dari banyaknya pipisnya. Kalau memang ternyata ASI nya masih seret wlwpun sering disusukan, bayi rewel dan pipisnya kurang, bisa dan boleh dipertimbangkan untuk diberikan sufor, atau arahkan konsul ke dokter spesialis anak atau konsulen laktasi saja untuk pemilihan sufor yg tepat. Semoga sedikit membantu, CMIIW 🙇‍♀️
04 April 2022, 08:10
Alo dokter,izin bantu jawab untuk meningkatkan produksi ASI disarankan sering2 menyusui bayi secara langsung ya (dbf) sehingga bisa merangsang produksi ASI,minum air putih minimal 3 L untuk busui, kompres hangat area payudara sebelum menyusui dan pastikan posisi pelekatan bayi saat menyusui sudah sesuai,bisa dibantu dengan konsul konselor laktasi ya
04 April 2022, 08:47
tidak... tetap pakai asi.
asi kurang banyak fc dari ibu anak.. stress, kurang support, kurang input cairan, penggunaan dot yg membuat bayi bingung puting sehingga si bayi malas menghisap.
sebaiknya bayi diupayakan tetap asi disertai mpasi jika sdh lbh 6 bln..
04 April 2022, 19:23
Alo dokter, Awal2 kelahiran produksi ASI memang masih sedikit. Sebaik-baiknya tetap dilakukan inisiasi menyusui, bisa dengan pijat oksitosin dan terus diusahakan menyusui langsung.
Perlu diperhatikan cara perlekatan mulut bayi saat menyusui apakah sudah benar karna bila tidak latch on, maka bisa menghambat keluarnya ASI.
Saran saya, pasien nya di konsulkan dengan dokter konsultan menyusui dok.
Mohon koreksi nya ya dok
04 April 2022, 22:06
Hallo dok, boleh disebutkan BBL dan BB bayi skrg serta aterm atau tidak? Memang masalah ASI itu butuh pengetahuan (bagi Ibu) dan support terutama dari Suami. Karena ada komponen ASI yaitu oligosakarida yg sgt penting buat bayi yg tdk didapatkan pd sufor, tentunya bukan komponen ini aja, ada banyak zat lainnya spt IgA, dll. Menurut saya jika weight velocitynya <P5 maka jika ASI msh keluar, bisa disarankan relaktasi ke konselor ASI dok tentunya suami jg harus ikut, semakin bayi jarang mengosongkan PD / jrg menghisap (dgn perlekatan yg benar) maka produksi ASI jg berkurang. Perlekatan yang benar mempunyai faktor penting disini. Selain itu ibu harus didukung dan dibuat sebahagia mungkin supaya oksitosin jg meningkat.semoga membantu ya dokter..
04 April 2022, 22:11
Oiya satu lagi dok, tidak ada ASI sedikit, ASI pasti ada itu yg harus dibenamkan dipikiran ibu.Hal yg harus diperhatikan:
1. Perlekatan benar
2. Ibu dpt melakukan  massage PD dan Pijat oksitosin dibantu suami.
3. Jika Payudara terasa penuh, segera kosongkan PD dengan isapan bayi atau perah dengan tangan, semakin sering dikosongkan ASI semakin banyak.
4. Suppory keluarga : suami, ortu dan mertua 😊