Apakah ASI berdarah boleh diberikan pada bayi? Apa efeknya? - Diskusi Dokter

general_alomedika

ASI yang berdarah apakah boleh diberikan kepada bayi ya dok? adakah efek sampingnya jika tetap diberikan?apakah pada Ibu menyusui yang puting lecet berdarah,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah ASI berdarah boleh diberikan pada bayi? Apa efeknya?

    03 Desember 2018, 21:45
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ASI yang berdarah apakah boleh diberikan kepada bayi ya dok? adakah efek sampingnya jika tetap diberikan?

    apakah pada Ibu menyusui yang puting lecet berdarah, boleh tetap menyusui secara langsung atau disarankan untuk dipompa saja?

    btk

03 Desember 2018, 21:56
Darah pada ASI memang cukup umum ditemukan ya dok. Misalnya saat puting lecet atau memompa payudara terlampau keras yang sebabkan kerusakan kapiler payudara bisa juga sebabkan darah dalam ASI. Bisa juga dikarenakan kondisi media lain seperti papilloma intraduktal. Umumnya darah dalam ASI ini tidak berbahaya dok. ASI pun masih bisa diberikan pada bayi, terutama kalau darah sedikit dan ibu pun tidak ada penyakit menular khusus misalnya hepatitis. Namun bisa saja beberapa bayi menolak ASI ini dikarenakan perubahan rasanya. 
03 Desember 2018, 21:59
Untuk ibu yang putingnya lecet atau berdarah, setahu saya tetap boleh dok menyusui anaknya langsung. Tapi saran untuk evaluasi kembali posisi dan perlekatan saat menyusui agar tidak melukai puting. 
04 Desember 2018, 06:51

Alo dr.Wiji!

Menambahkan sedikit, sebelumnya sudah ada diskusi dengan topik yang sama di Alomedika, silakan dibaca-baca : https://www.alomedika.com/komunitas/topic/asi-berdarah