Ibu menyusui dengan Covid 19 apakah ASInya aman untuk bayi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, saya ingin bertanya, untuk pasien covid yg sedang menyusui, apa bayinya masih bs konsumsi asi dr pasien tsb (ibu dari bayi) ?Terimakasih

Diskusi Dokter

23 Juli 2021, 09:42

Alo Dok, 

Bukti ilmiah menunjukkan bahwa COVID-19 tidak ditransmisikan melalui ASI. Manfaat protektif dari menyusui masih melebihi risikonya. Menyusui tetap dianjurkan pada ibu yang terpapar COVID-19 dengan menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi.Jika ibu mengalami sakit berat, pemberian ASI perah dapat dilakukan oleh orang yang sehat.

 

Bisa dibaca lebih lanjut: https://link.springer.com/article/10.1186/s13006-020-00319-3?fbclid=IwAR0EvkXILdRKwxQoBPE-581boqU_jFV1_onibC5qbBZ7A-1Xlu0b21-j-VE#Sec1

Terima Kasih 

 

23 Juli 2021, 10:48

Alo Dokter,

Jika ibu tak bergejala dan ingin menyusui, ibu harus didukung namun tetap diinformasikan bahwa ada risiko bayi tertular. Selama menyusui ibu harus menggunakan masker ganda serta mencuci tangan dan payudara dengan sabun dan air mengalir. Bila ibu bergejala ringan-sedang, tidak memungkinkan menyusui atau untuk mencegah penularan ke bayi, ibu bisa menggunakan ASI perah. Sementara pada ibu dengan gejala berat yang tidak memungkinkan menyusui atau memberikan ASI perah, sebagai asupan nutrisi bayi diberikan ASI donor atau susu formula. 

Referensi terlampir

Rekomendasi Covid Maternal POGI.pdf
23 Juli 2021, 11:15
dr. Herbert Sihite, MKed(OG), SpOG
dr. Herbert Sihite, MKed(OG), SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Boleh ya
23 Juli 2021, 21:02
Terimakasih informasinya TS 🙏. Sangat membantu
24 Juli 2021, 08:25
dr.Richi Aditya, Sp.A
dr.Richi Aditya, Sp.A
Dokter Spesialis Anak
Sesuai rekomendasi perinasia, Boleh tetap ASI dan/atau menyusui, dengan menjalankan prokes yang baik.
24 Juli 2021, 11:35
Terimakasih infonya dok.
24 Juli 2021, 14:53
Alo dokter, ijin saya bantu menjawab ya, sesuai Protokol Tatalaksana Covid-19 dan Buku Pedoman Tatalaksana Covid-19 edisi ketiga tahun 2020, terdapat 3 pilihan pemberian nutrisi pada bayi baru lahir dari ibu tersangka dan terkonfirmasi covid-19 (tergantung kondisi ibu), yaitu: 
1. Klinis ibu berat sehingga ibu tidak
memungkinkan memerah ASI, maka disarankan bayi diberikan ASI donor yang layak, atau ibu susuan (dengan penapisan medis untuk menghindari risiko transmisi penyakit), atau susu formula bayi yang sesuai dengan memastikan penyiapan yang benar, aman dan diikuti bantuan relaktasi setelah ibu pulih.
2. Klinis ibu sedang dan memungkinkan memerah ASI, maka disarankan bayi diberi ASI perah dengan syarat Ibu memakai masker dan menerapkan protokol pencegahan infeksi selama memerah.
3. Klinis ibu tidak bergejala/ringan, maka disarankan menyusui langsung dengan syarat Ibu menggunakan masker bedah, mencuci tangan dan membersihkan payudara dengan sabun dan air. Jika memungkinkan ibu harus menjaga jarak 2-meter dengan bayinya selama tidak menyusui.


Semoga membantu, salam sehat! 

24 Juli 2021, 16:03
Nah untuk keamanan obat yang dikonsumsi oleh ibu menyusui berdasarkan kajian literatur Lactmed, obat azitromisin dan interferon gamma aman dan sangat sedikit dijumpai kadarnya dalam ASI; tocilizumab cenderung aman dan hanya sejumlah kecil terdeteksi di ASI namun harus dengan pemantauan ketat dan hati-hati terutama bila menyusui pada bayi baru lahir atau bayi prematur. Sementara obat favipiravir, remdesivir, dan n-acetylcysteine tidak diketahui relevansi keamanannya pada bayi yang disusui, sehingga belum terdapat bukti ilmiah yang cukup kuat.
Walaupun begitu, bila ibu menyusui khawatir dengan keamanan ASI selama mengkonsumsi obat-obatan tersebut, dokter dapat menyarankan bayi diberi ASI donor yang layak atau susu formula bayi yang sesuai dengan memastikan penyiapan yang benar dan aman, serta diikuti dengan relaktasi setelah ibu pulih dari covid-19. Jadi tetap diupayakan relaktasi kembali dengan ibu bayi ya dokter, karena ASI ibu yang terbaik.
Salam sehat!