Artikel Alomedika - Pengaruh Obesitas terhadap COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, Dokter! Obesitas merupakan kondisi yang sering dikaitkan pada berbagai macam penyakit, tidak terkecuali COVID-19. Sejumlah studi kohort telah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Artikel Alomedika - Pengaruh Obesitas terhadap COVID-19

    14 Desember 2020, 17:45

    ALO, Dokter!

    Obesitas merupakan kondisi yang sering dikaitkan pada berbagai macam penyakit, tidak terkecuali COVID-19. Sejumlah studi kohort telah mengemukakan bahwa terdapat hubungan antara obesitas dan COVID-19 derajat berat dan mortalitasnya.

    Sebuah studi di Perancis juga menemukan bahwa risiko kebutuhan akan invasive mechanical ventilation di ICU lebih tinggi pada pasien dengan IMT >35 kg/mdaripada pasien dengan IMT <25 kg/m2.

    Studi di New York juga turut menyimpulkan bahwa jika dibandingkan dengan pasien non-obese (IMT <3o kg/m2), risiko kebutuhan untuk dirawat di ICU meningkat sebesar 1,8 kali pada pasien dengan IMT 3o-34 kg/m2, dan meningkat sebesar 3,6 kali pada pasien dengan IMT 35 kg/m2.

    Hal ini memunculkan pertanyaan apakah obesitas dapat dianggap menjadi faktor risiko COVID-19?

    Adakah teori yang mendasarinya? Adakah bukti ilmiah yang memperkuat obesitas sebagai faktor risiko COVID-19?

    Temukan penjelasannya dalam artikel Alomedika berikut ini:

    https://www.alomedika.com/pengaruh-obesitas-terhadap-covid19

    Dan, Jadi Dokter Andal Dalam Genggaman. Salam Alomedika! 

15 Desember 2020, 00:58

Menarik sekali, Dok! Cukup menjawab rasa penasaran atas pengalaman klinis selama praktik di masa pandemi ini. Statement terakhir mengenai efikasi vaksin dan kaitannya dengan obesitas juga menarik perhatian saya. Ditunggu update selanjutnya, Dok! :)