Apakah ada cara membuat hasil Rapid menjadi Non reaktif - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, seorang user mengaku dikarantina mandiri di asrama perusahaan hanya berdasarkan hasil rapid test saja, tidak ada inisiatif perusahaan untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah ada cara membuat hasil Rapid menjadi Non reaktif

    20 Oktober 2020, 12:40

    Alo Dokter, seorang user mengaku dikarantina mandiri di asrama perusahaan hanya berdasarkan hasil rapid test saja, tidak ada inisiatif perusahaan untuk melanjutkan ke pemeriksaan swab PCR, total sudah selama 30 hari menjalani isolasi tanpa gejala karena hasil rapid masih tetap reaktif. Meski kita sudah sama sama tahu bahwa rapid test untuk COVID-19 ini kurang sensitif, apakah ada kemungkinan membuat hasilnya menjadi Non reaktif?

    Terima kasih sebelumnya.

21 Oktober 2020, 08:20
dr. M. Iskandar. SpKJ
dr. M. Iskandar. SpKJ
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa
Dok... Kasusnya sering terjadi, seharusnya setelah rapid tes nya reaktif dilanjutkan dg pcr. Kalo hanya rapid tes nya reaktif bila diulangi 2-3 minggu kemudian seringkali reaktif kembali. Sebaiknya dilihat juga ig m atau ig g yg reaktif. Untuk menentukan tindak lanjut berikutnya.
21 Oktober 2020, 15:45
Baik, terimakasih Dokter atas informasinya 🙏
21 Oktober 2020, 11:35
Yang bermasalah di kasus ini adalah sistem karantina dari perusahaannya dok. Bukan di hasil rapid test. Menurut saya yang harus diperbaiki adalah sistem karantinanya. Dengan mempertimbangkan :
1. Diagnosa pasti covid adalah RT PCR
2. Pedoman isolasi kasus tanpa gejala 10 hari (ini bahkan yang PCR positif). Apalagi jika hanya berdasarkan rapid
3. Hasil rapid bisa tetap positif sampai berminggu-minggu. Utamanya IgG. Tergantung antibodi yang terbentuk
21 Oktober 2020, 15:44
Iya Dok, perusahaan nya yang bermasalah, hanya saja user keberatan melaporkan perusahaannya, bahkan untuk sekedar berobat mandiri pun user tidak mendapat izin. Terimakasih untuk masukannya Dok.