Anjuran Tes Swab pada era hampir normal saat ini - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya. Kapan ya kita perlu menganjurkan seeorang untuk swab test di saat aktivitas sudah hampir normal kaya gini? Pertimbangannya apa aja...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Anjuran Tes Swab pada era hampir normal saat ini

    07 April 2021, 08:01

    Alo dokter, izin bertanya. Kapan ya kita perlu menganjurkan seeorang untuk swab test di saat aktivitas sudah hampir normal kaya gini? Pertimbangannya apa aja ya? Pasien flu like symptoms atau gejala lain yg spt apa yg kita arahkan untuk swab antigen ataupun pcr? Apakah hanya yg ada riwayat kontak dengan orang bergejala, konfirmasi, atau suspek COVID-19? Atau ada pertimbangan lain?

07 April 2021, 08:23

Alo dokter,

Saya saat ini kalau mendapat pasien dengan gejala infeksi, yang setelah 3-5 hari tidak membaik, akan saya anjurkan untuk tes swab PCR atau rapid antigen.. CMIIW 

07 April 2021, 08:25
Oke dok. Makasih sarannya dok 👍Jd pasien kita treat dl 3 hari ya dok? Kalo not better br saranin swab ya?
07 April 2021, 08:29

Alo Dokter izin ikut berdiskusi ya dok,

Mengingat kondisi pandemi masih berlangsung hingga saat ini tentunya untuk pertimbangan pemeriksaan swab masih sama seperti sebelumnya ya dok. Apalagi cakupan vaksinasi COVID sampai saat ini belum optimal.

Dari CDC disebutkan bahwa pendekatan untuk menentukan perlu tidaknya tes dan jenis tes yang akan dilakukan termasuk pada pertimbangan dari tujuan tes, gejala dan keluhan pasien serta riwayat kontak atau riwayat bepergian dari seseorang. 

https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/hcp/testing-overview.html

CMIIW

 

 

07 April 2021, 08:31
Alo Dokter,
Kalau saya biasanya mengajurkan swab test (PCR atau rapid test) bila suspek covid dgn gejala khas (anosmia atau ageusia), saat tracing pasien yg terkonfirmasi positif covid. Nah, pada pasien penyintas covid saya biasanya arahkan rapid antigen utk syarat perjalanan dinas krn kalau PCR mungkin saja hasilnya positif bila terdeteksi bangkai virus.