Anemia defisiensi besi dan trombositosis pada bayi 8 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok.Mohon konsul TS.Bayi laki laki usia 8 bulan Status gizi baik.Riwayat anemia defisiensi besi dan sudah mendapat suplementasi Fe sejak usia 5bulan....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Anemia defisiensi besi dan trombositosis pada bayi 8 bulan

    29 September 2018, 21:33

    Alo dok.

    Mohon konsul TS.

    Bayi laki laki usia 8 bulan Status gizi baik.

    Riwayat anemia defisiensi besi dan sudah mendapat suplementasi Fe sejak usia 5bulan. Datang untuk follow up terapi.

    Dari hasil lab menunjukkan adanya trombositosis. Tdk ada keluhan seperti demam, muntah, mimisan, diare berdarah atau adanya petekie di tubuh.

    Ibu pasien mengatakan ketika diberi suplementasi Fe, feses bayi terdapat bercak darah. Ketika dihentikan, bercak darah hilang. BAB 2hari sekali konsistensi padat.

    Px: TTV normal, thorax dbn, abdomen supel, tdk ada organomegali.

    Yang ingin saya tanyakan apakah kemungkinan penyebab trombositosis bs diakibatkan anemia defisiensi besi nya? ataukah ada kemungkinan lainnya? untuk px lanjutan apa yang dapat dilakukan dok?

    Kemudian utk bercak darah pada feses saat suplementasi Fe apakah kemungkinan diakibatkan fesesny yg keras? apa sebaiknya suplementasi tetap dilanjut atau ada advice lain ya dok?

    BTK

29 September 2018, 23:15
Alo dokter!
Saya coba bantu jawab sepemahaman saya ya dok.
Pada bayi yang anemia defisiensi besi memang bisa timbul thrombocytosis. Biasanya disebut sebagai reactive thrombocytosis.Tapi, pada pasien dg usia 8 bulan, patut juga dicurigai adanya primary thrombocytosis. Membedakannya kembali pada klinisnya dok. Misalnya apakah ada hepato/splenomegali atau thrombocytosis yang persisten selama >3bulan atau ada riwayat keluarga dengan thrombocytosis.
Reactive thrombocytosis sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, bukan hanya anemia def.besi. Misalnya , infeksi atau karsinoma hepar.
Untuk masalah darah saat BAB, perlu ditanyakan warnanya dok. Apabila merah segar, paling mungkin darah berasal dari konstipasi. Memang salah satu efek samping yang sering dikeluhkan ortu pasien yang mendapat suplementasi Fe adalah konstipasi.
Setau saya, bila ada konstipasi, Fe tidak perlu distop. Anak diminta minum ASI yang banyak dan makan makanan tinggi serat. cmiiw.
30 September 2018, 08:43
Terimakasih dok atas pencerahannya. Untuk hepar dan splen normal dok. Px klinis smua dbn. Hanya mmg d keluarga ada rw. trombositosis.
ūüôŹ