Pasien anak usia 2,5 tahun dengan keluhan ruam pada kulit setelah demam hingga 39,8 derajat - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, mohon izin bertanya dok, anak usia 2,5thn 3 hari yg lalu demam tinggi 39,8 derajat selama 2 hari. Setelah tidak demam di kulit dada, perut,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien anak usia 2,5 tahun dengan keluhan ruam pada kulit setelah demam hingga 39,8 derajat

    27 Juni 2020, 14:50

    Alo dokter, mohon izin bertanya dok, anak usia 2,5thn 3 hari yg lalu demam tinggi 39,8 derajat selama 2 hari. Setelah tidak demam di kulit dada, perut, punggung tangan kaki dan muka terlihat rua. kemerahan. Sekarang sudah tidak demam lagi, tapi sering rewel dan tidak mau masuk makanan sama sekali. Pertanyan saya

    1. Suplemen anak apa yg bisa memercepat pemulihan anak?

    2. Apakah perlu pemerikaan lanjutan lab jika anak masih keadaan seperti ini hampir 1 minggu?


    Terimakasih Dok


27 Juni 2020, 15:54
hi dok, izin coba jawab.

berdasarkan keluhan diatas kemungkinan adanya infeksi umum yang bersifat virus atau bakteri dengan manifestasi febris pada pasien

untuk anamnesa lanjutannya, apakah ada anak riwayat batuk ? pilek ? ada bercak tidak didalam mulut ? riwayat imunisasi bagaimana ? darimana awal mula penyebaran bercaknya ? dikaki ada bercak tidak? bentuknya papul eritema, vesikel eritema, purpura, ptekie kah? riwayat tertular penyakit infeksi dari teman atau tetangga terdekat?

bercak merah bisa jadi roseola, rubeola, dengue fever, HFMD, dll.

untuk multivitamin anjuran saat sakit bisa diberikan bisa yang mengadung probiotik, zinc, vitamin c, protein untuk perbaikan tubuh atau bisa dicek dilink bagian bawah.

untuk pemeriksaan laboratorium dianjurkan jika demam tetap berlanjut lebih dari tiga hari pada pasien tersebut supaya membantu penegakan diagnosa.

semoga bermanfaat, maaf kalau ada kesalahan. terima kasih

vitamin: https://www.mdlinx.com/article/fight-the-cold-and-flu-with-these-6-key-nutrients/fbsqk39D5NwXckpTfSV82
27 Juni 2020, 16:37
Izin info lagi dok, bercaknya spt ptekie dok lbh ke arah spt dengue. Tp sdh tidak demam sudah lebih dari 36jam menurut orang tua pasien dok. 
Terimakasih banyak sharing dan infonya dok
27 Juni 2020, 16:43
dr.Melia Yunita, MSc, SpA
dr.Melia Yunita, MSc, SpA
Dokter Spesialis Anak
Menurut saya perlu cek hematologi lengkap ya. Hati2 pada kasus dimana saat demam turun tetapi kondisi umum anak tidan membaik, nafsu makan belum kembali dengan baik. Demam berdarah masih banyak kasusnya. Harus dipastikan dengan laboratorium. 
27 Juni 2020, 20:55
Baik dr. Melia, terimakasih banyak sharing dan informasinya. 
27 Juni 2020, 16:46
27 Juni 2020, 16:37
Izin info lagi dok, bercaknya spt ptekie dok lbh ke arah spt dengue. Tp sdh tidak demam sudah lebih dari 36jam menurut orang tua pasien dok. 
Terimakasih banyak sharing dan infonya dok
hi dok, izin menjawab. kalau misalnya kuat kemungkinan dengue fever anjuran kedepannya dipastikan dengan pemeriksaan darah lengkap karena pola dari dengue sendiri ada fase tidak demam pada pasien yang disebut fase kritis pada pasien sehingga dari klinis lab bisa diputuskan apakah pasien dirawat atau tidak.

atau bisa dicek jawaban dari dr. Melia SpA pada kolom dibawah dok.

terima kasih
27 Juni 2020, 20:55
Baik dok, terimakasih banyak informasi dan referensinya..
27 Juni 2020, 18:09
dr.Viola
dr.Viola
Dokter Umum
Alodokter !
Dokter izin menjawab 
Demam pada anak anamnesisnya sepertinya perlu dilengkapi (pola demam naik Turun atau terus menerus) , gejala yang menyertai selama demam ( batuk ,pilek, nyeri tenggorok ). hal tersebut sangat penting untuk menegakkan diagnosis mengingat etiologi demam pada anak banyak,sehingga tidak over treatment maupun undertreatment , untuk suplementasi untuk saat ini tidak dibutuhkan dan kalau gejala masih berlanjut terus baiknya anak dibawa ke Dokter Anak / Dokter umum untuk dilakukan pemerikaaan fisik dan pemeriksaan lanjutan

Sekian dokter ,terimakasih­čÖĆ­čĆ╗
27 Juni 2020, 20:57
Baik dokter, akan saya perdalam lg anamnesis kedepannya. Terimakasih masukan, informasi dan sharingnya dok.