Kegawatdaruratan Mata e-Course

ALO Dokter!

Apakah Dokter sudah cukup percaya diri saat menangani kasus mata di IGD? Yuk, ikuti e-Course KEGAWATDARURATAN MATA ini. Anda akan dipandu oleh dokter-dokter spesialis mata yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, sehingga Anda bisa semakin yakin untuk melakukan pemeriksaan dan tata laksana pasien dengan kasus mata di setting gawat darurat.

Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) bekerja sama dengan ALOMEDIKA mempersembahkan e-Course KEGAWATDARURATAN MATA.

Apps & Web_1280x720-min

Harap diperhatikan bahwa untuk mendapatkan sertifikat PERDAMI dan 8 poin SKP IDI, Anda harus menyelesaikan seluruh post test dari modul e-Course KEGAWATDARURATAN MATA dan dinyatakan lulus. Sertifikat akan langsung muncul secara otomatis di aplikasi ALOMEDIKA.

e-Course ini diperuntukkan bagi semua dokter yang ingin lebih ahli dalam menangani kasus kegawatdaruratan mata. Dalam e-Course ini, Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai teknik-teknik pemeriksaan mata dan tata laksana apa yang harus dilakukan pada kasus kegawatdaruratan mata. Keunggulan e-Course ALOMEDIKA adalah membahas secara lengkap pengetahuan praktis berdasarkan bukti ilmiah terbaru, serta dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. 

Sertifikat dari PERDAMI ini berguna bagi CV Anda, terutama bagi Anda yang memiliki minat di bidang Oftalmologi. Selain itu, Anda dapat menunjukkan kepada pasien serta komunitas medis bahwa Anda memiliki komitmen untuk selalu memperbarui pengetahuan medis Anda. (Saat ini e-Course ALOMEDIKA hanya tersedia di android)

Cara Mengikuti e-Course

Dapatkan e-sertifikat dari PERDAMI dan SKP IDI dengan melengkapi syarat dan ketentuan yang berlaku. Caranya adalah:

  1. Selesaikan registrasi di website
  2. Download aplikasi ALOMEDIKA, karena e-Course hanya dapat dikerjakan melalui HP Anda

  3. Buka menu SKP dan klik e-Course, kemudian pilih e-Course yang diminati (saat ini e-Course ALOMEDIKA hanya tersedia di android)

  4. Tonton semua modul dan kerjakan post test di akhir setiap modul 

  5. Bila telah lulus semua post test, sertifikat akan Anda terima secara otomatis

  6. Sertifikat dapat didownload bila diperlukan

  7. Anda dapat mengerjakan modul secara tidak berurutan, kapan pun, dan di mana pun.

Modul dan Narasumber

Terdapat 4 modul dalam e-Course KEGAWATDARURATAN MATA ini, di mana masing-masing modul berdurasi sekitar 30‒60 menit. Modul tersedia sesuai permintaan, sehingga Anda dapat menontonnya tidak berurutan.

Topik-topik modul adalah: 

  • Modul 1: Pemeriksaan Mata pada Kegawatdaruratan oleh dr. Sri Lukman, Sp.M [durasi 29:06]. Akan menambah pemahaman Anda dalam melakukan pemeriksaan mata yang penting pada setting emergensi, termasuk apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Selain itu, juga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam melakukan eversi palpebra. 

  • Modul 2: Penanganan Penurunan Visus Mendadak pada Mata Tenang oleh dr. Nylvia Lamsari Sardy, Sp.M [durasi 32:28]. Akan meningkatkan kemampuan Anda dalam mengenali tanda-tanda pasien yang mengalami penurunan visus mendadak pada mata tenang, serta memberikan tata laksana awal. Selain itu, Anda akan mampu mendeteksi lokasi oklusi pembuluh darah melalui pemeriksaan funduskopi.

  • Modul 3: Penanganan Kegawatdaruratan pada Mata Merah oleh dr. Astrianda Nadya Suryono, Sp.M(K) [durasi 43:27]. Akan membantu Anda mengimplementasikan step-by-step algoritma diagnosis banding mata merah yang gawat darurat, termasuk keratitis viral dan bakterial, uveitis, skleritis, endoftalmitis, serta selulitis orbita. Selain itu, Anda dapat mengetahui pilihan terapi lebih lanjut yang akan dilakukan dokter spesialis mata setelah pasien dirujuk. 

  • Modul 4: Penanganan Trauma Mata Mekanis dan Kimia oleh dr. Amyta Miranty, Sp.M [durasi 56:15]. Akan membimbing Anda agar dapat melakukan penanganan awal yang tepat pada kasus trauma mata pada setting emergensi, seperti trauma penetrasi mata, trauma tumpul, laserasi palpebra dan duktus lakrimalis, ruptur bola mata, dan hifema.

Jadi, tunggu apa lagi! Jangan lewatkan penawaran dan kesempatan untuk belajar dari ahlinya di e-Course KEGAWATDARURATAN MATA.