Wanita Usia 26 tahun Menggauli Remaja - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, izin minta pendapat, user usia 26 tahun, seorang guru SMA, mengaku telah menggauli muridnya, sebanyak 7 orang, dan berpuluh lainnya hanya dia...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Wanita Usia 26 tahun Menggauli Remaja

    17 Februari 2020, 11:09

    Alo Dokter, izin minta pendapat, user usia 26 tahun, seorang guru SMA, mengaku telah menggauli muridnya, sebanyak 7 orang, dan berpuluh lainnya hanya dia pegang kemaluannya. User mengaku pernah punya trauma kekerasan seksual oleh pasangannya yg dulu (berusia lebih tua). Apakah perilaku guru ini bisa dikatakan sebagai pedofilia? Bagaimana saran lebih lanjutnya? Terimakasih 

17 Februari 2020, 11:42

Alo dr. Nurul, izin menjawab ya Dok

Mengenai pedofilia sendiri, dari sumber yang saya baca berdasarkan DSM V kriteria diagnosis untuk pedofilia antara lain:

1. adanya hasrat seksual, perilaku seksual, atau fantasi seksual pada anak usia prepubescent (umumnya dibawah <13 tahun) dan gejala/perilaku tersebut berjalan selama minimal 6 bulan

2. ditandai dengan adanya distress atau hendaya yang bermakna pada kehidupan sehari-hari dan hubungan interpersonal

pada kasus tersebut dikarenakan muridnya adalah anak SMA, bisa diambil kemungkinan lain seperti parafilia. mungkin bisa digali lagi Dok apakah perilaku seksual itu muncul karena user memang ada ketertarikan secara khusus dengan anak SMA atau karena ada kesempatan yang muncul di tempat kerja. 

mengenai penanganan selanjutnya bisa disarankan untuk konsultasi ke psikiater, dikarenakan juga user memiliki trauma kekerasan seksual di masa lalu, serta mungkin bisa ditambahkan edukasi agar menghindari perbuatan tersebut bertambah parah agar tidak sampai ke ranah tindak pidana.

Terima kasih

CMIIW

sumber tambahan referensi terkait dengan pedofilia : https://emedicine.medscape.com/article/291419-overview#showall

17 Februari 2020, 12:28
Ya Dok user mengaku memang itu ketertarikan secara seksual terutama pada anak yang baru remaja. Terimakasih ya Dok.
17 Februari 2020, 15:19
Apa ini bukan termasuk tindak kriminal ya dok? Mengingat ada abuse of power juga pada anak di bawah umur.

Bagaimana peran kita secara bioetika ya kalau seperti ini? Mohon masukan TS lain yang mengerti hukum barangkali. 
17 Februari 2020, 15:42
Iya Dok, Saya juga belum mengerti untuk kasus spt ini. Misalnya kasus ini kita temui di praktik, apakah kita berhak melaporkan pasien ke polisi dengan  pengakuan spt ini? Atau hanya fokus pada terapi saja?
24 Februari 2020, 19:57
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa
Halo dok, izin menambahkan.

Memang saya setuju dengan TS gangguan yang dialami guru tersebut perlu mendapatkan penanganan serius oleh psikiater dan tidak dapat dibiarkan.
Namun, tindakannya sendiri masuk sebagai tindakan pidana, karena telah menyangkut pelecehan seksual (mungkin TS forensik dapat membantu menjawab).

Tindakan pelecehan tersebut, perlu dikaji apakah dalam kondisi si guru memiliki kapasitas untuk dapat merencanakan tindakannya (jika fungsi lain sebagai guru masih dapat berfungsi baik dan fungsi lain masih baik, maka dapat digolongkan guru ini bertindak penuh atas kehendaknya atau tidak dipengaruhi oleh kondisi apapun. Atau dapat dikatakan dapat bertanggung jawab atas tindakannya dan mengikuti persidangan). Biasanya nanti sebelum mengikuti persidangan akan dikaji oleh tim psikiatri forensik untuk menilai fitness to stand trail. 

Adapun dokter sebagai penerima informasi, terdapat pasal yang menyebutkan boleh laporkan dan boleh tidak terlibat menjadi saksi juga:
Jika menerima anak dengan dugaan pelecahan berikut pasalnya: https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt5375c51212169/bolehkah-dokter-membuka-rahasia-pasien-bila-menemukan-dugaan-pelecehan-seksual/

Namun saya belum menemukan pasal yang menyebutkan dokter wajib lapor pelaku pemerkosaan.. tetapi ada pasal yang mengetahui tindak pidana wajib lapor: 
https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt53e63efdacfef/konsekuensi-jika-melaporkan-orang-sebagai-pelaku-tindak-pidana/

Semoga bermanfaatūüôŹ
27 Februari 2020, 14:01

izin menyimak dokter. Terima kasih sharingnya para dokter.