Penanganan apa saja untuk veruka vulgaris - Kulit Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Diah, SpKKIjin tanya Dok, sebenarnya pilihan terapi yang efektif untuk veruka vulgaris apa saja ya Dok... Atau adakah terapi profilaksis yang dapat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan apa saja untuk veruka vulgaris - Kulit Ask the Expert

    20 April 2022, 14:44
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Diah, SpKK

    Ijin tanya Dok, sebenarnya pilihan terapi yang efektif untuk veruka vulgaris apa saja ya Dok... Atau adakah terapi profilaksis yang dapat kita berikan pada pasien untuk mencegah rekurensi? 

    Terima kasih, Dok

20 April 2022, 17:31
dr.Diah Puspitosari
dr.Diah Puspitosari
Dokter Spesialis Kulit

Alo dokter selamat sore,

Terapi untuk veruka vulgaris sampai saat ini lebih bertujuan mendestruksi sel kulit yang terinfeksi. Kasus veruka dapat mengalami penyembuhan spontan, namun tak jarang juga yang mengalami kekambuhan. Untuk tatalaksananya, ada beberapa yang dapat diberikan.

Terapi topikal seperti pemberian agen kaustik misalnya asam salisilat yang dapat dioleskan sendiri terutama untuk pasien anak-anak, namun harus diperhatikan proses pengolesan yang berisiko menyebabkan terjadinya iritasi. Sehingga perlu memberikan perlindungan pada kulit sekitar area veruka dengan menggunakan vaselin album. Terapi ini dapat menjadi pilihan untuk pasien anak yang kurang kooperatif.

Terapi lain yang dapat dilakukan adalah dengan tindakan bedah beku atau krioterapi menggunakan nitrogen cair, bedah listrik, atau bedah laser. Mencegah rekurensi sebetulnya agak sulit, namun obat golongan imiquimod, bedah laser, dan imunomodulator dapat diberikan pada kondisi lesi veruka yang resisten dan rekuren. Penggunaan immunomodulator ini diharapkan dapat menyebabkan resolusi total, dapat diberikan dalam bentuk sediaan sistemik seperti simetidin. 

Demikian, semoga bermanfaat dan terima kasih