Veruka di ibu jari yang hilang timbul - Kulit Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dr. Sondang, Ingin bertanya, jadi ada seorang pasien yang mengeluhkan adanya kutil atau veruka di ibu jarinya, mulai timbul sekitar 5 tahun...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Veruka di ibu jari yang hilang timbul - Kulit Ask The Expert

    05 Maret 2021, 11:25

    Selamat siang dr. Sondang, 

    Ingin bertanya, jadi ada seorang pasien yang mengeluhkan adanya kutil atau veruka di ibu jarinya, mulai timbul sekitar 5 tahun yang lalu, jumlahnya 1, ukurannya tidak membesar dengan cepat, namun hilang timbul. Setelah pasien mengobservasi dirinya sendiri, ia merasa jika kutilnya akan terasa sedikit membesar dan agak sedikit nyeri jika ia sedang kelelahan, pernah juga satu waktu kutilnya seperti hilang dengan sendirinya.

    Yang ingin saya tanyakan apakah untuk jenis veruka yang seperti ini tidak apa-apa didiamkan saja? atau sebaiknya perlu diberikan terapi khusus misal dengan produk asam salisilat, laser, atau krioterapi, supaya tidak kambuh-kambuhan Dok? 

    Terima kasih dokter.

05 Maret 2021, 11:34

Alo. Verucca vulgaris adalah penyakit kulit akibat infeksi virus HPV. Jadi dapat ditularkan kepada orang lain dan kepada diri sendiri juga melalui autoinokulasi. Apalagi lokasinya di jari tangan, bila menggaruk2 dilokasi tubuh lain, dapat timbul lesi baru. Bila mengurus anak/bayi, juga dapat menularkannya.

Sebaiknya diobati dengan berbagai pilihan terapi, topikal asam salisilat, cryosurgery, electrosurgery, Laser CO2, atau bedah eksisi. Yang penting, seluruh lesi terangkat/ di destruksi, bila tidak akan kambuh kembali di lokasi yang sama.

Sementara belum ditatalaksana, gunakan sarung tangan/sarung jari untuk mencegah penularan, khususnya bila merawat anak/bayi.

 

Terima kasih, salam