Tata cara pemberian vaksin hepatitis imunoglobin - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok! Izin bertanya dok. Bagaiamana sbenarnya tata cara pemberian hbig? Dan apakah harus diulang dan apakah harus ada pelatihan khusus untuk penyuntikan?...

Diskusi Dokter

06 Maret 2020, 11:02

Hepatitis B Immune Globulin (HBIG) diberikan injeksi IM 1 kali, diikuti vaksin Hepatitis B segera dalam 28-30 hari. Vaksin hepatitis B harus dilengkapi sampai 3 dosis, bila tidak maka HBIG harus diulang. Referensi:

https://reference.medscape.com/drug/nabi-h-b-hepagam-b-hepatitis-b-immune-globulin-343136#0

HBIG diberikan sebagai “Post exposure prophylaxis”, misalnya pada bayi lahir dari ibu HBsAg positif, bayi <12 bulan dengan anggota keluarga HBsAg positif, atau seksual kontak dengan pasien HBsAb positif..

06 Maret 2020, 11:34

Alo Dok, 

Indikasi pemberian serum HBIG ini apa ya dok?

*Pada kasus bayi yang dilahirkan oleh ibu dengan hepatitis B maka pada bayi diberikan HBIG single dose sebanyak 0,5 ml IM pada 12 jam setelah lahir (sampai sebelum usia seminggu).

*Sebagai profilaksis kasus terpajan akibat kontak langsung dengan cairan tubuh penderitahepatitis B diberikan HBIG single dose sebanyak 0,06 ml/kgBB IM sesegera mungkin, namun jika ada kontak seksual diberikan dosis yang sama maksimal sebelum 14 hari pajanan.

Ref : Permenkes tahun 2015 tentang penanggulangan hepatitis

Pemberian Imunisasi Hepatitis B pada Bayi Prematur - Sari ...saripediatri.org › index.php › sari-pediatri › article › download

06 Maret 2020, 11:34

Tidak harus ada pelatihan dok, injeksi IM masuk kompetensi dokter umum.