Vaksin hepatitis B untuk pasien ibu hamil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter. Izin bertanya saya sedang hamil 8 minggu. Saya mengikuti vaksin hepatitis B di tmpat kerja saya, kebetulan waktu vaksin tahap pertama yg dilakukan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Vaksin hepatitis B untuk pasien ibu hamil

    26 Juli 2022, 11:49
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter. Izin bertanya saya sedang hamil 8 minggu. Saya mengikuti vaksin hepatitis B di tmpat kerja saya, kebetulan waktu vaksin tahap pertama yg dilakukan sebulan sebelumnya saya blm tau klo ternyata saya hamil. Lalu saat ini saya diminta utk mengikuti vaksin hepatitis B yg tahap kedua. Apakah aman saya melanjutkan vaksin hepatitis B nya atau sebaiknya jangan dilakukan ? Mohon informasinya, terimakasih 🙏

26 Juli 2022, 12:04

Alo dok, ijin ikut berdiskusi ya Dok.

Untuk saat ini, FDA menggolongkan vaksin hepatitis B dalam kategori  C. Artinya, studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Sedangkan TGA menggolongkan vaksin ini dalam kategori B2.  Artinya, obat dikonsumsi oleh sedikit wanita hamil dan wanita usia reproduktif, tanpa menunjukkan adanya peningkatan frekuensi malformasi atau efek berbahaya lain secara langsung maupun tidak langsung pada bayi setelah dilakukan studi. Studi pada hewan juga tidak adekuat atau bahkan kurang, tetapi data yang ada tidak menunjukkan adanya peningkatan kerusakan pada fetus. 

Menurut Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) 2022 , belum ada data yang cukup mengenai risiko imunisasi hepatitis B pada wanita hamil, namun dapat diberikan apabila diperlukan/memiliki risiko terhadap infeksi hepatitis B, menggunakan jenis vaksin yang direkomendasikan.

https://www.alomedika.com/obat/vaksin-serum-dan-imunoglobulin/vaksin/vaksin-hepatitis-b/kehamilan-ibu-menyusui

https://www.cdc.gov/mmwr/volumes/71/wr/mm7113a1.htm

 

Demikian, Dok. CMIIW, semoga membantu