Vaksin covid 19 telah selesai tahap 2, 1 bulan kemudian positif covid 19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, izin berdiskusi. Bagaimana cara meyakinkan masyarakat kalau perlu dilakukan vaksin covid 19, dikarenakan salah satu petugas kami mengalami gejala...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Vaksin covid 19 telah selesai tahap 2, 1 bulan kemudian positif covid 19

    25 Maret 2021, 22:14
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dok, izin berdiskusi.

    Bagaimana cara meyakinkan masyarakat kalau perlu dilakukan vaksin covid 19, dikarenakan salah satu petugas kami mengalami gejala covid dan dari rapid antigen (+) padahal beliau sudah di vaksin dan selesai tahap ke 2 sekitar 1 bulan lalu, sedangkan di tempat kami tidk bisa melakukan PCR.

    Terimakasih dok

26 Maret 2021, 09:21

Alo, Dokter...

Memang masih ada saja masyarakat yang belum yakin untuk divaksinasi. Edukasi harus tetap dilakukan terutama oleh puskesmas setempat. Poin penting yang perlu disampaikan adalah bahwa vaksin tidak dapat menjamin tidak terjadinya infeksi di masa mendatang. Akan tetapi, dengan vaksinasi, kita dapat mencegah penularan penyakit ke keluarga atau kerabat kita yang termasuk dalam kelompok yang rentan, seperti lansia dan orang dengan penyakit tertentu. 

Libatkan juga tokoh-tokoh masyarakat setempat untuk ikut vaksin dan ikut mengedukasi, Dok. Biasanya masyarakat bisa lebih menerima.

26 Maret 2021, 12:58
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih banyak dok
26 Maret 2021, 09:22
Baik saya bantu jawab dok.Seseorang setelah divaksin A  akan terlindungi dari penyakit A tsb.Walaupun tidak 100%.Tidak ada vaksin sampai saat ini yang mampu memberikan perlidungan 100%.Namun apabila terkena gejalanya akan lebih ringan dibandingkan mereka yang tidak divaksin.Saat ini pun untuk imunisasi Covid 19 kita belum mencapai cakupan imunisasi 80%.Jadi tetap bagi sejawat nakes yang sudah divaksin covid 19 2x dosis lengkap,tetaplah harus menjalankan prokes ketat...terima kasih mohon maaf bila jawaban saya kurang memuaskan..
26 Maret 2021, 10:17

terimakasih kejelasannya dok Rodman

26 Maret 2021, 12:58
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih banyak dok.
27 Maret 2021, 13:43
Izin dok, saya setuju. Dengan vaksin diharapkan apabila terkena gejalanya akan lebih ringan.
Saya juga pernah baca, mengenai vaksin yang disuntikkan secara i.m pembentukkan respon imunnya berbeda dengan vaksin yang berbentuk nasal spray yang lebih menyerupai mekanisme masuk beberapa virus sprti SARS-COV2, dimana lewat mukosa hidung dan seterusnya ke saluran nafas. Apakah mungkin ini ada berhubungan juga dengan kasus positif setelah selesai vaksin. Mohon dikoreksi dok bila keliru.