Usia maksimal pemasangan kawat gigi - Orthodontia Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, drg. Irvanda, Sp.Ort..Izin bertanya, Dok. Adakah usia maksimal untuk pemasangan kawat gigi? Misalnya untuk mengatasi maloklusi pada usia >35 tahun,...

Diskusi Dokter

20 September 2021, 13:38
Alo dokter, 


Memperbaiki susunan gigi dengan kawat gigi sebenarnya tidak memiliki batasan usia. Ini karena syarat utama penggunaan kawat gigi bukanlah usia, melainkan kondisi gigi dan gusi pasien. 


Seseorang yang hendak menggunakan kawat gigi harus memiliki kondisi gigi dan gusi yang kuat dan sehat. Pasien juga wajib memiliki kepadatan tulang sekitar gigi yang baik, keadaan sistemik yang baik, serta berkeinginan untuk mematuhi segala aturan yang diberikan dokter mengenai perawatan kawat gigi.


Untuk diketahui, kawat gigi tidak diperuntukkan bagi pasien dengan gigi dan rongga mulut yang bermasalah. Karena pada perawatan kawat gigi, gusi dituntut untuk tetap kuat dan fleksibel sehingga bisa menyesuaikan ke mana pun pergerakan gigi beserta kawat yang melingkarinya.


Penggunaan kawat  gigi pada usia di atas 40 tahun juga tergolong lebih kompleks. Karena di usia tersebut, seseorang bisa saja sudah pernah mendapatkan perawatan selain kawat gigi, seperti crown gigi, tambahan gigi, atau lainnya. Sehingga akan mempersulit perawatan orthodonti.

20 September 2021, 14:23

Terima kasih banyak drg. Irvanda. Jelas sekali..