Uji Eliminasi dan Provokasi pada alergi susu sapi anak - Anak Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo. dr. Theresia Santi, Sp. A..Ijin bertanya lagi dok, pada kasus anak yg alergi susu sapi untuk uji Eliminasi dan provokasinya , ketika sudah ada perbaikan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Uji Eliminasi dan Provokasi pada alergi susu sapi anak - Anak Ask the Expert

    07 Desember 2021, 13:13

    Alo. dr. Theresia Santi, Sp. A..

    Ijin bertanya lagi dok, pada kasus anak yg alergi susu sapi untuk uji Eliminasi dan provokasinya , ketika sudah ada perbaikan dengan eliminasinya apakah kita tetap harus melakukan tindakan provokasi ?

    Terimakasih dok

07 Desember 2021, 13:41
dr.Theresia Santi SpA
dr.Theresia Santi SpA
Dokter Spesialis Anak

Alo dr Ridwan.. Uji eliminasi dan provokasi memang gold standar untuk mengkonfirmasi adanya alergi susu sapi. Jika dengan eliminasi, tampak jelas gejala alergi menghilang, maka protokol berikutnya memang uji provokasi dengan memberikan kembali alergen yang dicurigai untuk melihat apakah alergi akan terpicu kembali. Tentunya untuk tindakan ini sangat tergantung berat ringan kasus alerginya dok. Jika alergi sangat berat, misalkan hiperreaktifitas bronkus atau angioedema, dan sudah jelas dengan tes eliminasi saja sudah tampak perbaikan bermakna, tidak perlu diteruskan dengan uji provokasi. Namun jika kasus ringan misal atopic dermatitis yang masih belum jelas triggernya, jika eliminasi belum dapat memastikan efeknya, maka dapat dilanjutkan dengan tes provokasi setelah 2 minggu bebas gejala. jika gejala kembali muncul maka dapat dipastikan memang triggernya adalah yang dites tersebut. Semoga dapat terjawab pertanyaannya. 

07 Desember 2021, 14:01
Terimakasih kembali dok sangat jelas jawabannya