Tetes telinga terpakai untuk mata - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, izin bertanya. Ada pasien anak usia 1 th mengalami konjungtivitis namun salah pakai obat. Pasien tersebut diberikan chloramphenicol tetes telinga...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tetes telinga terpakai untuk mata

    03 Juni 2022, 10:10
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dok, izin bertanya. Ada pasien anak usia 1 th mengalami konjungtivitis namun salah pakai obat. Pasien tersebut diberikan chloramphenicol tetes telinga pada matanya sebanyak 4x1 tetes dan org tua pasien baru sadar setelah 2 hari pemakaian. Setelah sadar, pemakaian obat tsb lngsung di stop. Setiap kali ditetesi obat tsb, mata pasien jd merah dan berair, anaknya jg jd rewel. Di hari ke 4 (hari ke 2 stop tetes telinga pd mata), mata pasien tdk merah lg tp masih agak bengkak di kelopak bawah matanya. Bagaimana tatalaksana selanjutnya ya dok? Mengingat stop obatnya sdh 2 hari jd apakah msih perlu dilakukan irigasi mata? Selanjutnya tetes mata apa yg sebaiknya diberikan? Bagaimana jika di hari ke 4 ini lngsung diberikan tetes mata antibiotik jg, apakah boleh dok? Mohon penjelasannya, Terima kasih

03 Juni 2022, 11:16

ALO Dok, ijin ikut diskusi, kalau dari saya untuk irigasi mata, saya rasa sudah tidak perlu. Mungkin perlu ditinjau kembali Dok etiologi konjungtivitisnya apa, dan diterapi sesuai etiologinya saja. 

Untuk terapi suportif, bisa diberikan air tetes mata buatan, 4-6 dd gtt ODS. Lalu untuk terapi spesifik per etiologi, saya ijin menyertakan sumber yang dapat diakses ya Dok.

https://www.alomedika.com/penyakit/oftalmologi/konjungtivitis/penatalaksanaan

Bila kondisi tidak membaik atau malah ada perburukkan, seperti nyeri mata, mata kembali merah, penurunan visus, atau muncul sekret mukopurulen yang banyak, bisa dirujuk ke Spesialis Mata.

Semoga membantu. 

03 Juni 2022, 12:20
Alo dok, izin ikut berdiskusi. Berhubung sudah hari ke-4 tidak perlu dilakukan irigasi dok. Sepengetahuan sy obat tetes mata chloramphenicol dan tetes telinga chloramphenicol berbeda hanya di % kandungannya (tetes mata 0,5% sedangkan tetes telinga 3%) jd boleh dikatakan relatif aman krn zat nya biasa digunakan sebagai tetes mata.Jika kelopak mata bawahnya bengkak bisa disarankan kompres air hangat sehari 3x dan dioles salep mata antibiotik-steroid. Mnrt sy salep lebih baik dibandingkan tetes mata krn keluhannya di kelopak mata sehingga perlu obat yg bisa menempel di kulit/kelopak mata ya.
Jika 3-7 hari masih bengkak bisa segera periksakan ke dokter mata terdekat ya 🙏
Terima kasih.
05 Juni 2022, 07:43
dr.Arifin
dr.Arifin
Dokter Umum
9
999 oppplllllllllllll look lol look o l LL lol look 1 by