Terapi Timolol pada glaukoma sudut terbuka - Mata Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Utami, Sp. M. Izin bertanya dokter. Apakah penggunaan timolol pada glaukoma sudut terbuka harus seumur hidup atau kalo sudah norma TIO nya bisa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Terapi Timolol pada glaukoma sudut terbuka - Mata Ask The Expert

    Dibalas 27 Januari 2021, 12:05

    Alo dr. Utami, Sp. M. Izin bertanya dokter. Apakah penggunaan timolol pada glaukoma sudut terbuka harus seumur hidup atau kalo sudah norma TIO nya bisa dihentikan penggunaan obatnya? Terimakasih dokteršŸ™šŸ»

27 Januari 2021, 12:04

ALo dok, terima kasih atas pertanyaannya.

Penggunaan medikamentosa (tidak terbatas pada timol) pada glaukoma sudut terbuka dilakukan dengan kontrol. Jadi tidak diharapkan pasien mendapat obat kemudian menghilang, tidak pernah kontrol kembali.

Perlu dilakukan evaluasi visus, lapang pandang, dan tekanan intra okular secara berkala. Penghentian medikamentosa tidak hanya berdasarkan TIO pasien. Selain itu, baseline TIO tidak sama untuk setiap pasien, tergantung derajat glaukoma yang dideritanya. misal:  Glaukoma sudah cukup advanced (visus 1/60, lapang pandang sudah menyempit, TIO 15) secara teori, TIO sudah dalam batas normal, tapi apabila dalam pemeriksaan lapang pandang mengalami perburukan dibanding hasil bulan sebelumnya, maka kemungkinan TIO 15 tsb masih terlalu tinggi utk pasien tsb, sehingga perlu diturunkan lagi, bisa dengan obat-obatan yang sama, ganti obat, ataupun kombinasi obat, atau bahkan tindakan operasi.

Oleh karena itu, dalam menghadapi kasus glaukoma, kondisi pasien perlu di evaluasi secara berkala

Semoga membantu, terima kasih

 

27 Januari 2021, 12:05
Terimakasih banyak atas ilmunya dokter. Jazakillah khairan🙏🏻