Terapi terbaik veruka vulgaris - Kulit Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Sri Sp. KK, izin bertanya dokter, pada pasien veruka vulgaris multiple di jari tangan dan kaki, anjuran terapi apa saja ya dok yang bisa diedukasi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Terapi terbaik veruka vulgaris - Kulit Ask the Expert

    22 Maret 2022, 14:40

    Alo dr. Sri Sp. KK, izin bertanya dokter, pada pasien veruka vulgaris multiple di jari tangan dan kaki, anjuran terapi apa saja ya dok yang bisa diedukasi kan pada pasien dengan risiko rekurensi paling kecil serta meninggalkan bekas luka yang minimal?

22 Maret 2022, 16:06

Alo Dr Reren Ramanda,

Terima kasih atas partisipasinya dalam forum Ask the Expert hari ini,

Verruka /viral warts disebabkan infeksi HPV, sifatnya jinak, namun bs menular (membesar dan bertambah banyak).

Pasien perlu disarankan untuk menghindari manipulasi, pencet/garuk/tekan area setempat untuk menghindari infeksi/peradangan.

Sepengetahuan saya blum ada obat yg bisa dioleskan sendiri yang 100% aman dan efektif menghilangkan keluhan ini,yang tersedia di pasaran Indonesia. kandungan obat oles dapat kombinasi asam salisilat, asam laktat, dan urea, Bila verruka masih kecil boleh saja dicoba, namun tetap berisiko menyebabkan iritasi pada kulit normal di area tepi lesi dan seringkali tidak tuntas/ kambuh pada beberapa kasus.

Untuk menghindari efek samping:

1. Oles vaselin di area tepi kutil/kulit normal

2. Oles racikan di atas kutil agak tebal/teteskan obat keratolitik.

3. Tutup dg plester transparan/cling wrap (ulangi setiap malam).

Untuk cara yang lebih efektif bs dihilangkan dg laser/bedah listrik (electrocauter)/bedah beku (cryotherapy)/bedah kimia (TCA). Hasil paling cepat/ instan dengan rekurensi minimal dapat dipilih bedah listrik (electrocautery).

Risiko skar/jaringan parut pada area palmar dan plantar lebih kecil pada tindakan-tindakan di atas, dibandingkan bedah skapel.

Semoga bisa membantu,

Salam Sehat.

SK Sulistyaningrum

23 Maret 2022, 05:37
Terima kasih banyak dokter, sangat bermanfaat dan membantu