Terapi botox untuk spastisitas ekstremitas atas pada stroke - Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, dr. Budiarti, SpKFR!Izin bertanya, Dok. Apakah toksin botulinum berpotensi untuk mengatasi spasisitas ekstremitas atas pada stroke? Sepertinya semakin...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Terapi botox untuk spastisitas ekstremitas atas pada stroke - Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Ask the Expert

    09 Februari 2021, 09:08

    ALO, dr. Budiarti, SpKFR!

    Izin bertanya, Dok. Apakah toksin botulinum berpotensi untuk mengatasi spasisitas ekstremitas atas pada stroke? Sepertinya semakin banyak studi yang meneliti tentang ini ya, Dok. Kalau dalam praktik di Indonesia sendiri bagaimana, Dok?

09 Februari 2021, 11:17

Alo dr. Ciho.

 

Betul sekali dok, telah ada beberapa studi di luar negeri baik RCT maupun systematic review mengenai penggunaan botulinum toksin untuk spastisitas ekstremitas atas pada stroke. Dikatakan bahwa botulinum toksin dapat memperbaiki tahanan terhadap gerakan pasif (diukur dengan Modified Ashworth Score) dan memperbaiki kemampuan pasien merawat diri.

 

Untuk di Indonesia, telah ada beberapa dokter yang mengaplikasikan hal ini pada pasien stroke.  Namun, saya belum menemukan studi yang terpublikasi dari Indonesia mengenai tatalaksana ini.  

Terimakasih

 

Untuk bacaan lebih lanjut berikut sumbernya: Andringa A. Effectiveness of Botulinum Toxin Treatment for Upper Extremity post Stroke over Different ICF Domains. Arch Phys Med Rehabil. 2019 Sep;100(9):1703-1725. doi: 10.1016/j.apmr.2019.01.016. Epub 2019 Feb 21.