TB aktif setelah 6 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang TS,ijin tanya. Untuk pasien TB dengan pengobatan sudah 6 bulan namun sepertinya pengobatan tidak rutin. Pada bulan ke 5 pengobatan pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • TB aktif setelah 6 bulan

    13 September 2022, 15:58

    Selamat siang TS,ijin tanya. Untuk pasien TB dengan pengobatan sudah 6 bulan namun sepertinya pengobatan tidak rutin. Pada bulan ke 5 pengobatan pasien mengalami sesak terus menerus hingga selesai pengobatan bulan 6 bulan. Dan di rujuk ke dr. Spesialis.

    Dari dr. Spesialis, dikim surat pengantar balik dengan diagnosis Efusi pleura Pulmo dextra,Bronkoestasis, Dan TB paru aktif.

    ( Hasil Foto Rongen dan Bacaan ada, maaf lupa di foto)


    Dari dr. Spesialisnya hanya di tulis catatan:

    OAT Tambah 3 bulan ?

    Ijin tanya maksudnya OAT tambah 3 bulan ini kita terapi dari fase awal lagi atau bukan ?

    Padahal pasien baru selesai pengobatan 6 bulan, kalau sesuai pedoman berarti kan seharusnya terapi untuk putus obat yang lebih lama lagi.


    Mohon sarannya, makasih

13 September 2022, 16:40
Maaf, dok, dengan pengobatan tidak rutin dan ada perburukan gejala, saran saya cek tes cepat molekuler, dok, lebih dikenal cek genxpert di beberapa daerah, pastikan hasilnya dulu, Dok.
Catatan dari spesialisnya bisa di artikan fase lanjutannya yang ditambah 3 bulan lagi, dok. Tapi kalau baru beberapa hari selesai 6 bulannya, dok. Kalau sudah 1 bulan juga terputusnya, tunggu hasil TCM nya aja menurut saya, dok. Apakah memang TB relaps (khawatirnya MDR, dok) atau ada masalah lain. Begitu kira2, dok.
Mungkin ada tambahan dari ts lain
13 September 2022, 18:28
Terima kasih banyak dr. Maulana Sp.P,  atas arahan dan saranya dok.  Sangat membantu.