Tatalaksana pada efek samping obat dengan penurunan pendengaran - THT Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter Yonian, izin bertanya dokter, pada pasien yang datang dengan keluhan penurunan pendengaran tiba" yang dari anamnesis diduga akibat efek samping...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tatalaksana pada efek samping obat dengan penurunan pendengaran - THT Ask The Expert

    02 Agustus 2021, 10:45

    Alo dokter Yonian, izin bertanya dokter, pada pasien yang datang dengan keluhan penurunan pendengaran tiba" yang dari anamnesis diduga akibat efek samping obat, apa saja ya dok tatalaksana yang dapat diberikan dokter umum di faskes primer?

02 Agustus 2021, 12:22

Alo dokter, terimakasih atas pertanyaannya,

 

Untuk pasien dengan keluhan penurunan pendengaran MENDADAK/TIBA-TIBA, kita harus waspada terhadap penyakit sudden deafness. Sudden deafness/tuli mendadak merupakan salah satu kegawatdaruratan di bidang THT yang membutuhkan penanganan dan diagnosis yang cepat dan segera. Ada baiknya pasien segera dilakukan pemeriksaan pendengaran (audiometri). Jika diagnosis sudden deafness sudah dapat ditegakkan dari audiometri, dapat diberikan terapi steroid oral dosis tinggi 1mg/KgBB dengan tapering off tiap 5 hari.

 



dr. Yonian Gentilis Kusumasmara, Sp.THT-KL berpraktik di Rumah Sakit Eka Bekasi

 

02 Agustus 2021, 12:25
Siap dokter,  terima kasih banyak,  sangat membantu
02 Agustus 2021, 13:21
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT
Alodokter... Ijin ikut berdiskusi..
Benar yg disampaikan oleh dr. Yonian, Sp. THT-KL.. Sebaiknya dipastikan dengan audiometri, atau bisa dilakukan tes bisik maupun tes garputala di FKTP/ Fakses 1, ototoksis sifatnya SNHL.. biasanya didahului dengan telinga berdenging (tinnitus), dan jika memang penyebabnya adalah obat2an ototoksik ( aspirin, aminoglikosida, nsaid, obat kemoterapi, loop diuretic) , sebaiknya dihentikan, dan diberikan obat konversinya yang tidak ototoksik...
Terima kasih