Penanganan mioma uteri yang tepat pada ibu hamil - Obgyn Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Adhitya Indrapraja, Sp.OG, M.Kes, izin bertanya dokter.Bagaimana tatalaksana wanita hamil G1P0A0 usia kehamilan 21-22 minggu yang juga didiagnosis...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan mioma uteri yang tepat pada ibu hamil - Obgyn Ask The Expert

    19 Februari 2021, 13:59

    Alo dr. Adhitya Indrapraja, Sp.OG, M.Kes, izin bertanya dokter.

    Bagaimana tatalaksana wanita hamil G1P0A0 usia kehamilan 21-22 minggu yang juga didiagnosis dengan mioma uteri dengan ukuran diameter 10 cm, pasien sudah berusaha tirah baring dan minum obat dari dokter kandungan tapi perdarahan pervaginam tetap terjadi. Pada kasus ini apakah pasien masih dapat mempertahankan kehamilannya? Apakah ada peluang untuk tatalaksana mioma non invasif pada ibu hamil?

    Terimakasih sebelumnya ūüôŹ

19 Februari 2021, 14:16
dr. Adhitya Indrapraja
dr. Adhitya Indrapraja
Dokter Spesialis Kandungan

Alo dokter Nurul...

kondisi kehamilan yang disertai dengan adanya tumor jinak dirahim memang memerlukan perhatian dan penanganan khusus...pada pasien ini kehamilan sudah masuk trimester 2 dan ditemukan adenomyoma uteri yang cukup besar yaitu 10 cm..yang penting adalah harus dipastikan mengenai kondisi janin dan keadaan kehamilannya...apakah ada penyulit2 di bidang obstetri...spt letak plasenta, kondisi air ketuban dll....kita harus memastikan penyebab perdarahan pervaginam pada pasien ini...dan melakukan pengelolaan dengan baik...untuk kondisi miomanya selama tidak menyebabkan kondisi patologis pada janin...belum perlu tindakan yang invasif...jadi mungkin kita lakukan observasi dan pemberian obat progesteron sebagai penguat dan bila perlu dilakukan pemberian obat2an tokolitik..

semoga bermanfaat yaa,,

19 Februari 2021, 14:17
Baik dokter, terimakasih banyak atas ilmunya dokter 🙏