Anjuran pemakaian tabir surya pada anak di atas usia 6 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok, mohon ijin bertanya, utk penggunaan tabir surya pada anak di atas usia 6 bulan apakah benar dianjurkan ya dok atau utk kondisi tertentu (misalnya ke...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Anjuran pemakaian tabir surya pada anak di atas usia 6 bulan

    09 November 2019, 23:45

    Dok, mohon ijin bertanya, utk penggunaan tabir surya pada anak di atas usia 6 bulan apakah benar dianjurkan ya dok atau utk kondisi tertentu (misalnya ke pantai)? Dan ketentuan utk tabir surya pilihan yg sesuai utk anak yg seperti apakah dok??

    Btk 

11 November 2019, 10:01

Alo dokter,

Setuju untuk anak usia di atas 6 bulan, bila akan beraktivitas di bawah sinar matahari, seperti berenang, perlu diberikan tabir surya, untuk mencegah bahaya UV pada kulit.

Menurut FDA, yang aman diberikan pada anak adalah tabir surya yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Tidak dianjurkan yang mengandung parabens, formaldehida, asam para-aminobenzoic (PABA), dan benzephenones.

Referensi: https://www.fda.gov/drugs/understanding-over-counter-medicines/sunscreen-how-help-protect-your-skin-sun

https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/fda-advances-new-proposed-regulation-make-sure-sunscreens-are-safe-and-effective

 

12 November 2019, 00:34
Terima kasih dok
11 November 2019, 10:45

Alo Dok,

Tabir surya boleh diberikan pada bayi dok, ada beberapa merk produk yg juga mengeluarkan varian untuk anak. Untuk bayi di atas 6 bulan bisa diberian yang SPF 30, namun untuk bayi di bawah 6 bulan bisa diberi dengan SPF lebih rendah (SPF 15) dan bisa diberikan di pipi dan punggung tangan bayi yang lebih tereskpos sinar matahari dan lebih gampang sun burn. 

Berikut artikel IDAI yang membahas mengenai hal ini dok : http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memilih-produk-kulit-untuk-si-kecil

12 November 2019, 00:34
Terima kasih dok
11 November 2019, 11:04
Alodok,

Mumpung bahas sunscreen, sekalian ikut nimbrung diskusi yaa. Mungkin ada yg bisa share hubungan pemakaian sunscreen dengan produksi vitamin D? Sumber yg saya dapat, berdasarkan penelitian, subjek yg menggunakan sunscreen secara rutin (berapapun SPF nya) tetap bisa mendapatkan produksi vit D yg adekuat.
Apakah mungkin teman2 alodokter bisa share lebih lanjut terkait hal ini? Atau ada panduan sendiri terkait penggunaan sunscreen yg tidak mengurangi produksi vit D? Krn sejauh yg saya tahu, Perdoski menganjurkan pemakaian sunscreen minimal spf 30 reapply tiap 2-3 jam ya? Berlaku juga kah untuk bayi?

Trims banyak sebelumnya😊