Interpretasi elektrokardiogram (EKG) dengan supraventricular tachycardia (SVT) unstable - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter,Tn A 60 thn dengan SVT unstable dokTD 80/palpasi, N 195x RR 28, sebagai GP RS tipe D yg harus dilakukan apa ya dok sebelum dirujuk?

Diskusi Dokter

05 Juni 2021, 10:57
Izin sharing dok..
Kalau dari algoritme takikardia, SVT unstable sebaiknya di lakukan kardioversi jika ada alatnya di rumah sakit dok, kemudian selain kardioversi bisa dipertimbangkan pemberian adenosin atau amiodaron dok
Semoga membantu
05 Juni 2021, 11:49
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik dok terimakasih, kebetulan alatnya tidak ada, apabila tidak ada alatnya gimana ya?
05 Juni 2021, 14:22
Jika tidak memiliki alat kardioversi.. jika tidak ada pilihan lain bisa dicoba dengan pijat carotis/carotid massage.. tapi kalau secara alur yang benar memang kondisi tidak stabil pada SVT pilihan utamanya adalah tindakan kardioversi.
05 Juni 2021, 17:56
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Oh uhun dok🙏🙏, apa ada kerugian dok apabila pijat karotis pada SVT unstable dok?
05 Juni 2021, 18:17
Kalau kepepet dan tidak ada pilihan namanya usaha ya dok.. meskipun itu bukan pilihan utama karena belum tentu berhasil (tingkat kesuksesannya rendah), bisa juga syoknya memberat, dan selain itu kalau ada plak di karotis dan ruptur/lepas beresiko juga terjadinya stroke karena sumbatan plak lepas tersebut. Namun sekali lagi..namanya kondisi kritis ya diusahakan dulu yang terbaik yang bisa dilakukan saat itu..
05 Juni 2021, 21:23
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik dokter terimakasih pencerahannya🙏🙏
06 Juni 2021, 07:03
dr.Arman Singara
dr.Arman Singara
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alodokter, pada kondisi unstable takiaritmia, sebaiknya langsung dilakukan kardioversi sebesar 50 joule agar artitmia dapat terkonveersi dengan cepat. Apabila pasien dalam kondisi takiarimia stabil, barulah kita dapat memulai dengan vagal manuver, atau medikamentosa (adenosin ataupun antiaritmia).
06 Juni 2021, 10:18
Pada kasus spt ini perlu dianamnesa lbh lanjut apakah benar svt ini murni ataukah disebabkan karena penyakit lain. Jika ada riwayat penyakit sblmnya yang mendasari sebaiknya ditatalksana penyebab utamanya agar svt nya convert. Namun jika dokter yakin kalau svt ini murni kelainan irama jantung, sesuai guideline acls dilakukan kardioversi bisamulai dari 50-100J, jika tidak ada alatnya dok. Lakukan valsava manuver atau masaje karotis atau bisa masaj karotis yang dimodifikasi, yg perlu diperhatikan adalah  kontraindikasinya. Boleh dilakukan pemberian amiodarone 150 dengan pengawasan ketat dan Jika svt nya sudah lumayan lama kemungkinan ada faktor resiko berupa pelepasan plak  trombus yg dapat memperburuk klinis pasien dok. Lakukan inform konsen tindakan medis yang akan dilakukan beserta resiko nya kepada pasien dan keluarga. Terima kasih dok