Suspek primary biliary liver cirrhosis - Penyakit Dalam Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, Dr. dr. Fardah Akil, Sp.PD-KGEH, FINASIMIzin bertanya, Dok. Ada pasien usia 59 tahun yang sebelumnya sempat menjalani pemeriksaan ANA profile menyatakan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Suspek primary biliary liver cirrhosis - Penyakit Dalam Ask the Expert

    30 Agustus 2021, 12:55
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo, Dr. dr. Fardah Akil, Sp.PD-KGEH, FINASIM

    Izin bertanya, Dok. Ada pasien usia 59 tahun yang sebelumnya sempat menjalani pemeriksaan ANA profile menyatakan bahwa hasil anti-AMA-M2 positif dan dicurigai mengalami primary biliary liver cirrhosis. Kira-kira seberapa akuratkah penggunaan anti-AMA-M2 untuk diagnosis kondisi ini? Apakah pemeriksaan lanjutan yang sebaiknya dianjurkan untuk konfirmasi diagnosis? Terima kasih Dok. 

30 Agustus 2021, 14:46
dr.Fardah Akil
dr.Fardah Akil
Dokter Gastroenterologi

Alodok..

Ini mengenai penyakit saluran empedu autoimun ya. 

Antimitokondria antibodi (AMA) memang merupakan salah satu petanda yang abnormal pada PBC selain alkali fosfatase dan IgM yang sederhana. Disebutkan beberapa referensi 95% pasien PBC dengan terdeteksi AMA dan jika ditemukan hasil tersebut merupakan konfirmasi dari PBC dengan AMA-M2 terdeteksi 100% pada PBC. 

Pemeriksaan lanjutan seperti USG disarankan untuk eksklusi tumor atau batu empedu, Biopsi hati tidak butuhkan untuk diagnosis namun membantu dalam staging penyakit hati. Saat ini pemeriksaan seperti fibroscan nonivasif dapat membantu menilai adanya fibrosis atau sirosis hati pasien.