Cara yang tepat untuk menangani pasien usia 20th yang tergigit anjing 1 hari SMRS namun sudah vaksin rabies PrEP 3 bulan yang lalu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, selamat malam, Ijin konsul pasien perempuan usia 20 th dengan gigitan anjing di tangan kiri 1 hari smrs. Saat ini tidak ada keluhan. Pasien juga...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Cara yang tepat untuk menangani pasien usia 20th yang tergigit anjing 1 hari SMRS namun sudah vaksin rabies PrEP 3 bulan yang lalu

    09 Maret 2020, 18:54

    Alodokter, selamat malam, 

    Ijin konsul pasien perempuan usia 20 th dengan gigitan anjing di tangan kiri 1 hari smrs. Saat ini tidak ada keluhan. Pasien juga tidak mengetahui apakah anjing tersebut sudah divaksin atau tidak dan tidak tahu kondisi terakhir anjing. Pasien sudah mendapat vaksin rabies pre-exposure 3 bulan yang lalu. Apakah saat ini pasien perlu mendapat complete course dari vaksin rabies post-exposure nya dokter? 

    Mohon sharingnya dokter, terimakasih 🙏

09 Maret 2020, 21:13

Alo Dokter,

If a previously immunized person is bitten by a rabid dog within 3 months of completing a full course of PEP or PrEP, no new course of PEP is required. 11 For exposures occurring more than 3 months after a PEP or PrEP course, treat as PEP for previously immunized individuals; 1 site ID or IM vaccination at days 0 and 3, or a 4-site ID accelerated vaccination on day 0. RIG is not indicated.

Menurut sumber yang saya baca, jika pajanan atau gigitan terjadi dalam 3 bulan pasca PrEP atau PEP, maka tidak dibutuhkan pemberian PEP kembali. 

Namun jika pajanan terjadi lewat dari masa 3 bulan pasca PEP atau PrEP sebelujmnya, maka  pemberian PEP perlu dilakukan kembali.

 

Berikut panduan yang dapat dokter baca:

WHO Rabies FAQ for Clinicians

Rabies - Penatalaksanaan - Alomedika

 

 

CMIIW

10 Maret 2020, 10:10
Terimakasih infonya dokter, sangat bermanfaat 🙏
10 Maret 2020, 09:27

Alo Dok,

Setuju dok, jika pemberian vaksin sebelumnya lengkap dan kembali digigit kurang dari 3 bulan maka tidak perlu booster, cukup pencucian luka saja. Namun, jika tergigit kembali lebih dari 3 bulan, ikuti jadwal profilaksis pasca pajanan untuk individu yang sudah divaksinasi. 

Ref: https://www.alomedika.com/protokol-profilaksis-rabies

https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/272371/WER9316.pdf?ua=1

10 Maret 2020, 10:10
Terimakasih infonya dokter, sangat bermanfaat 🙏