Stigma penularan lepra - Kulit Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Fresa SpKK, Pasien lepra seperti pada gambar apakah menular? Apakah perlu dirawat di RS khusus? terimakasih

Diskusi Dokter

05 Januari 2022, 09:52
Alo dokter, terima kasih atas pertanyaannya.Dari klinis foto diatas pasien lepra  mengalami nodul multipel  dan kemerahan ya dok. Dari klinis pasien sedang mengalami reaksi imun tubuh terhadap bakteri lepra yang disebut Eritema Nodosum Leprosum (ENL). reaksi ini bisa terjadi sejak bakteri lepra masuk ke tubuh , jadi sebelum pengobatan, selama pengobatan dan sesudah pengobatan (karena masih ada bakteri lepra yang sudah mati di dalam tubuh).
  Pada lepra apabila pasien sudah menjalani pengobatan MDT selama minimal 1 bulan maka sudah tidak menular ya dok. Bila sudah selesai pengobatan MDT juga pasien tetap harus diperiksa Slit Skin Smear setiap 3 bulan sekali untuk dipastikan pasien tidak relaps.                              Semoga dapat membantu ya dok🙏
05 Januari 2022, 09:55
Maaf saya tambahkan pasien dengan ENL berat jika respon terapinya kurang baik dengan terapi konservatif seperti pemberian NSAID, steroid oral, klofazimin, klorokuin, maka perlu dirawat inap. Bila sudah terapi MDT 1 bulan maka tidak lagi bisa menularkan, jadi bisa dirawat di kamar biasa bersama pasien lain (tidak butuh ruang isolasi). Terima kasih dok.
05 Januari 2022, 11:00

terimakasih dokter