Skrining pendengaran pada bayi baru lahir, kapan diindikasikan? - THT Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Rano Aditomo, Sp. THT-KL., izin bertanya dokter.Apakah semua bayi lahir perlu dilakukan skrining pendengaran? Apakah ada batasan usia untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Skrining pendengaran pada bayi baru lahir, kapan diindikasikan? - THT Ask The Expert

    29 September 2021, 10:09

    Alo dr. Rano Aditomo, Sp. THT-KL., izin bertanya dokter.

    Apakah semua bayi lahir perlu dilakukan skrining pendengaran? Apakah ada batasan usia untuk pemeriksaan BERA? Lalu alat skrining apa yang murah namun cukup efektif untuk mendeteksi gangguan pendengaran pada bayi baru lahir?

    Terimakasih sebelumnya dokter atas informasinya.

29 September 2021, 10:30
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT

Untuk program Komnas PGPKT (Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian), Indonesia bebas tuli / Sound Hearing 2030 sebaiknya semua bayi baru lahir dilakukan skrining pendengaran. 

Deteksi dini gangguan pendengaran pada bayi ditetapkan melalui Program Newborn Hearing Screening (NHS) yang dikenal ada 2 macam yaitu :

1.   Universal Newborn Hearing Screening: dilakukan pada semua bayi yang baru lahir. Upaya ini dapat dilakukan pada bayi usia 2 hari atau sebelum meninggalkan Rumah Sakit. Bila lahir pada fasilitas kesehatan yang tidak memiliki program ini maka paling lambat dilakukan skrining pada usia 1 bulan.

2.   Targeted Newborn Hearing Screening : skrining pendengaran hanya dilakukan pada bayi yang mempunyai faktor risiko.

Saat ini gold standart untuk skrining pendengaran digunakan OAE ( Otoacoustic Emission ) dan BERA. Pemeriksaan BERA tidak ada batasan usia, pada pasien yang tidak kooperatif dilakukan VRA (Visual Reinforcement Audiometry) / play Audiometry / Audiometri atau tidak dapat melakukan instruksi meskipun usia 6 atau 7 tahun; dapat dilakukan pemeriksaan BERA dengan sedasi.

Keterbatasannya adalah tidak semua Rumah Sakit memiliki alat tersebut (OAE / BERA). Yang bisa dilakukan untuk skrining adalah memeriksa reflek primitif pada bayi, yaitu: auropalpebra refleks dan refleks Moro.

Terima kasih

29 September 2021, 10:32
Sangat sangat bermanfaat untuk jawabannya dokter, terimakasih dokter 🙏