Serumen rekuren - THT Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dr.Sekti, Sp.THT - KLIzin bertanya dok:Saat skrining kesehatan di sekolah kami ada menemukan satu siswa dengan serumen yang keras lalu kami...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Serumen rekuren - THT Ask The Expert

    16 November 2021, 10:11
    dr.Nailla Fariq Alfiani
    dr.Nailla Fariq Alfiani
    Dokter Spesialis Anak

    Selamat pagi dr.Sekti, Sp.THT - KL

    Izin bertanya dok:

    Saat skrining kesehatan di sekolah kami ada menemukan satu siswa dengan serumen yang keras lalu kami rujuk ke puskesmas untuk diekstraksi, setiap kali skrining dilakukan siswa yang sama dengan serumen keras, kadang di satu telinga kadang di kedua telinga, yang ingin Saya tanyakan faktor apa saja yang dapat membuat serumen keras selalu terbentuk?

    Kadangpun pas tidak skrining pasien juga priksa ke puskesmas dengan keluhan tidak bisa mendengar, setelah diperiksa juga ada serumen.

    Mohon penjelasannya dok

    Terimakasih

16 November 2021, 12:06
dr. Sekti Joko SI SpTHT K
dr. Sekti Joko SI SpTHT K
Dokter Spesialis THT

Baik dokter..

Serumen obturan dapat menyebabkan gangguan pendengaran yang sering muncul pada segala usia, baik anak-anak, dewasa, maupun lansia. Proses pembentukan serumen sendiri pada dasarnya merupakan proses fisiologis yang merupakan produk dari kelenjar seruminosa yang terdapat pada liang telinga. Materi yang terdapat pada serumen itu sendiri merupakan campuran dari material sebaseus dan hasil sekresi apokrin dari glandula seruminosa yang berkombinasi dengan epitel deskuamasi dan rambut.

Pembentukan serumen ini sendiri sangat bervariasi pada tiap individu baik dari segi jumlah maupun komposisi materinya. Faktor yang dapat berpengaruh antara lain anatomi liang telinga, jumlah kelenjar yang sangat bervariasi pada tiap individu sehingga ada yang jenisnya kering dan lunak, hingga faktor kebiasaan mengorek liang telinga yang beresiko menyebabkan terdorongnya kotoran ke dalam liang.

Terimakasih