Skrining leukemia melalui medical check up - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dear TS, Saya menerima pertanyaan mengenai deteksi awal Leukemia lewat Medical Check Up rutin (tahunan) yang dilakukan oleh perusahaan. Seperti yang para TS...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Skrining leukemia melalui medical check up

    14 April 2018, 14:32

    Dear TS,

    Saya menerima pertanyaan mengenai deteksi awal Leukemia lewat Medical Check Up rutin (tahunan) yang dilakukan oleh perusahaan. Seperti yang para TS ketahui, MCU rutin perusahaan biasanya hanya meliputi pemeriksaan darah rutin, profil lipid, gula darah, ginjal, urine rutin, dan Rontgen dada serta EKG untuk pasien di usia tertentu.

    Apakah ada pemeriksaan lainnya dengan biaya terjangkau yang bisa ditambahkan untuk screening awal Leukemia?

    Thank you.

16 April 2018, 13:54
aLni
aLni
Dokter Umum

Dear dr. Ririn,

Menurut hemat Saya untuk screening awal sudah cukup ya dengan pemeriksaan darah rutin. Nanti tinggal kita lihat hasilnya kalau ada mengarah ke leukemia seperti leukositosis, disertai trombositopeni dan atau anemia, baru diarahkan untuk pemeriksaan lanjutan seperti Bone Marrow Aspiration. 

Pemeriksaan fisik saat MCU juga bisa membantu jika didapatkan adanya limfadenopati, splenomegali, atau hepatomegali. 

Namun sebelum pasien ada symptom juga umumnya dari pemeriksaan darah rutin sudah cukup untuk identifikasi awal. 

Untuk tes terbaru yang lebih update, saya belum terinformasi juga, namun mungkin dari segi biaya kurang feasible untuk MCU. 

Demikian masukan dari Saya, semoga bisa membantu. 

16 April 2018, 14:45
dr. Marianti
dr. Marianti
Dokter Umum

Dear dr.Ririn,

 

Apabila ada kelainan yang mengarah pada leukemia, saya rasa sudah bisa terdeteksi dari hasil pemeriksaan darah lengkap (CBC), dok.

Namun CBC sendiri tidak dianjurkan sebagai pemeriksaan skrining untuk penyakit apapun, karena manfaat diagnostiknya masih belum jelas pada pasien tanpa gejala, kecuali pada kehamilan.

Jadi apabila para peserta MCU di perusahaan tersebut memang menunjukkan gejala atau keluhan yang mengarah pada leukemia, maka CBC bisa dianjurkan, berikut pemeriksaan kelenjar getah bening. Namun apabila tidak ada gejala, tetapi terdapat faktor risiko yang tinggi dari pekerjaan, maka sebaiknya lebih difokuskan pada usaha pengendalian paparan melalui program keselamatan kerja, daripada mengandalkan hasil MCU untuk skrining potensi penyakit.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5638475/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/3538968