Sariawan pada anak apakah tepat diberikan obat antifungal oral - Penyakit Mulut Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo drg.Rochman, SP.PM, ijin bertanya. Pada anak dengan sariawan kadang diberikan terapi antifungal oral seperti nistatin. Kira-kira perlukah atau...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Sariawan pada anak apakah tepat diberikan obat antifungal oral - Penyakit Mulut Ask The Expert

    19 Oktober 2021, 10:36

    Alo drg.Rochman, SP.PM, ijin bertanya. Pada anak dengan sariawan kadang diberikan terapi antifungal oral seperti nistatin. Kira-kira perlukah atau efektifkah, mengingat stomatitis bisa sembuh sendiri. Dan bagaimana sebenarnya kerja dari obat tersebut terhadap stomatitis. Terutama pada kasus Hand Foot and Mouth Disease di mana akan ditemukan stomatitis yang banyak sekali di mulut.

    Terimakasih.

19 Oktober 2021, 11:01

Alo dokter terima kasih atas pertanyaannya,

Stomatits merupakan kondisi keradangan didalam rongga mulut. Perlu kita ingat tanda2x keradangan : tumor, rubor, dolor, kalor, fungsiolesa. Munculnya lesi putih pada kondisi stomatitis adalah kondisi fungsiolesa. Akibat nyeri mulut terganggu fungsi mulut dalam proses mengunyah, sehingga terjadi tumpukan debris pada mukosa mulut (terutama pada lidah) yang warnanya putih (mirip dengan kondisi oral candidiasis). Pengobatan yang utama pada kondisi tersebut adalah menghilangkan keradangan mukosa mulut. Pengobataan yg dapat diberikan bisa berupa obat simtomatik (obat topikal oles atau kumur) atau pengobatan kausatif (mis: acyclovir pada infeksi HSV). Untuk HFMD cukup diberikan obat simtomatik dan multivitamin.