Penanganan yang tepat untuk mengatasi sariawan pada pasien recurrent aphthous stomatitis (RAS) - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo TS, ijin sharing. Beberapa waktu lalu saya mendapatkan seorang pasien BPJS dan minta diresepkan obat. Karena tidak tercover BPJS, saya tanyakan apakah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan yang tepat untuk mengatasi sariawan pada pasien recurrent aphthous stomatitis (RAS)

    28 April 2021, 10:35
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo TS, ijin sharing. Beberapa waktu lalu saya mendapatkan seorang pasien BPJS dan minta diresepkan obat. Karena tidak tercover BPJS, saya tanyakan apakah mau diresepkan salp & anjurkan beli di luar. Pasien mengatakan dr. A sering meresepkan nya obat tablet. Setelah saya konfirmasi ternyata obat yg dimaksud adalah ciprofloxacin utk 2 hari dan NSAID. 

    Yg saya tau, antibiotik utk stomatitis itupun utk kasus RAS tipe Major (ukuran >10mm, kej. berulang bulanan - tahunan) dan itupun kombinasi 2 antibiotik. Apakah dibenarkan, utk sariawan sesekali jg sampai diberikan antibiotik?

    Dan apakah tepat hanya diberikan 2 hari ?

28 April 2021, 11:23

Alo Dokter izin ikut berdiskusi ya dok,

Dari sumber ini https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4441245/ untuk kasus RAS justru penggunaan NSAID dapat menjadi faktor presdisposisi terjadinya ulkus pada kondisi tertentu. Terapi obat biasanya dipertimbangkan pada pasien dengan RAS episode multipel dengan gejala nyeri hebat dan kesulitan makan. Dan biasanya sediaan topikal atau obat kumur dapat menjadi pilihan utama dok. Untuk terapi sistemik dapat diberikan  pada ulkus derajat berat dan berulang yang tidak berespon terhadap terapi topikal.

CMIIW