Sakit kepala dan mata sulit terbuka - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, ijin konsul. Sy ada pasien usia 60 thn perempuan. Mengeluh nyeri kepala kanan disertai mata kanan sulit trbuka dn bengkak. Wajah sblh kanan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Sakit kepala dan mata sulit terbuka

    25 Juni 2020, 09:10

    Alo dokter, ijin konsul. Sy ada pasien usia 60 thn perempuan. Mengeluh nyeri kepala kanan disertai mata kanan sulit trbuka dn bengkak. Wajah sblh kanan terasa keram. Prnh d lakukan ct scan hasilnya normal dok. Prnh priksa ke dokter mata dn saraf tp tdk ada kelainan yg ditemukan.. kira2 ini masalahnya dimana yh dok.. mohon pencerahannya🙏

25 Juni 2020, 11:05

ALO, dr. Musdalifa!

Dari karakteristik nyeri kepala yang Dokter sebutkan, sepertinya keluhan pasien ini mengarah ke cluster headache. Sampai saat ini, etiologi cluster headache memang masih belum diketahui secara pasti. Beberapa faktor, seperti merokok dan alkohol, diteliti dapat meningkatkan risiko cluster headache. Edukasi pasien untuk menghindari hal tersebut.

Penatalaksanaan cluster headache berpusat pada meringankan nyeri. Pada kondisi akut, terapi pilihannya adalah inhalasi oksigen 100% 7 liter/menit selama 15 menit menggunakan non-rebreathing facial mask. Sumatriptan injeksi juga dapat digunakan.

Pada beberapa pasien, terapi transisional dan profilaksis dibutuhkan untuk mencegah kekambuhan. 

https://www.alomedika.com/penyakit/neurologi/cluster-type-headache/penatalaksanaan

25 Juni 2020, 13:50

ALO, dr. Musdalifa!

Dari karakteristik nyeri kepala yang Dokter sebutkan, sepertinya keluhan pasien ini mengarah ke cluster headache. Sampai saat ini, etiologi cluster headache memang masih belum diketahui secara pasti. Beberapa faktor, seperti merokok dan alkohol, diteliti dapat meningkatkan risiko cluster headache. Edukasi pasien untuk menghindari hal tersebut.

Penatalaksanaan cluster headache berpusat pada meringankan nyeri. Pada kondisi akut, terapi pilihannya adalah inhalasi oksigen 100% 7 liter/menit selama 15 menit menggunakan non-rebreathing facial mask. Sumatriptan injeksi juga dapat digunakan.

Pada beberapa pasien, terapi transisional dan profilaksis dibutuhkan untuk mencegah kekambuhan. 

https://www.alomedika.com/penyakit/neurologi/cluster-type-headache/penatalaksanaan

26 Juni 2020, 17:34
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf

Alodokter!

Perlu dipertimbangkan diagnosis banding lain seperti:

- Migraine headahe with puffy eyes

- Tolosa Hunt Syndrome (painful ophtalmoplegia)

- Cavernous sinus syndrome

- Carotid-cavernous fistula

- Periorbital tumors

- Glaukoma

- Aneurisma

- Other trigeminal autonomic headaches

- dll.

 

Saya saran pemeriksaan MRI Brain

02 Juli 2020, 15:24
dr. Testiana Galuh, Sp.M
dr. Testiana Galuh, Sp.M
Dokter Spesialis Mata
alo dokter. apakah trias kornea nya ada saat kambuh? yaitu silau, sulit membuka mata, dan mengeluarkan air mata terus menerus? bila ya, bilateral atau ipsilateral?