Ruam yang hanya muncul saat demam - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, Saya menerima pasien di IGD, anak perempuan usia 15 tahun dengan keluhan demam selama 5 hari. Pada saat demam, pasien selalu mengeluhkan muncul...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Ruam yang hanya muncul saat demam

    12 Februari 2019, 17:23

    Alo dokter,

    Saya menerima pasien di IGD, anak perempuan usia 15 tahun dengan keluhan demam selama 5 hari. Pada saat demam, pasien selalu mengeluhkan muncul ruam di seluruh tubuh yang disertai gatal dan terkadang sesak napas. Tapi setelah diberikan paracetamol, demam berangsur menghilang berikut dengan ruam dan rasa gatal tersebut. Hal ini berulang di setiap episode demam yang biasanya muncul sekitar jam 4 sore jam 4 pagi dalam 5 hari terakhir. 

    Sebelumnya pasien masih dalam pengobatan calcium lactate pasca pemberian OAT selama 9 bulan untuk penyakit TB tulang yang diderita 1 tahun yang lalu. Pasien juga post operasi spine dengan pemasangan 8 pedicle screw di T10-L5. 

    Hasil pemeriksaan laboratorium dalam batas normal. Riwayat alergi obat disangkal pasien. Riwayat perdarahan spontan disangkal. 

    Kira2 apa dd dari kasus ini ya dok? Soalnya ketika tidak dalam keadaan demam, pasien sama sekali tidak memiliki gejala apapun selain dari keluhan di punggung paska operasi pemasangan screw.

    Terima kasih

12 Februari 2019, 19:48
Alo dokter! Kasusnya cukup unik yaa dok.. kalo boleh tau, merah-merah yang muncul itu jika diraba sifatnya timbul atau tidak ya dok? Kalo dari deskripsi dokter di atas, saya curiganya pasien mengalami flushing dok karena suhu badan yg tinggi. Cmiiw.
13 Februari 2019, 10:32

Alo dok,

Ruam nya tidak timbul, hanya makula eritema multiple yang mirip dengan campak. Makanya dd pertama yang terpikirkan memang morbili. Tapi ternyata ruam langsung hilang setelah pemberian paracetamol dok

12 Februari 2019, 21:23
dr.Indah Chitra, Sp.S
dr.Indah Chitra, Sp.S
Dokter Spesialis Saraf
Alo dok... Salah satu DD/ yang berkaitan dengan neurologi adalah meningitis dok... Pada pasien meningitis bisa disertai rash pada kulit. Mengingat pasiennya saat ini dengan TB tulang vertebrae tidak menutup kemungkinan terjadi penyebaran ke otak, karena otak dan medula spinalis merupakan neuroaxis)...Walaupun sudah dengan OAT, mungkin perlu ditanyakan ulang bagaimana compliance pasien selama pengobatan, jika pasiennya tidak patuh bisa saja terjadi resistensi dan infeksi TB tulang belum teratasi. Tapi tidak menutup kemungkinan juga pasien ini hanya mengalami infeksi virus. 
13 Februari 2019, 10:35

Baik dok, akan saya coba follow up kembali pasien di ruangan