Pasien usia 23 th dengan keluhan ruam pada seluruh tubuh selama 3 minggu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Mohon asupan dok, pasien usia 23th dengan keluha. Gatal pada seluruh tubuh lebih kurang 3 Minggu. Awalnya papul eritema tiba tiba seluruh tubuhnya. Tidak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien usia 23 th dengan keluhan ruam pada seluruh tubuh selama 3 minggu

    15 April 2020, 09:31

    Mohon asupan dok, pasien usia 23th dengan keluha. Gatal pada seluruh tubuh lebih kurang 3 Minggu. Awalnya papul eritema tiba tiba seluruh tubuhnya. Tidak diketahui pasti pencetusnya apa. 

    Terapi dengan steroid namun tidak membaik. 

    Ini arahnya kemana ya dok? 

15 April 2020, 10:45
Alo Dokter, izin ikut berdiskusi ya dok.

Dari gambaran klinis yang hiperkeratotik dan terdapat krusta tampaknya proses penyakitnya sudah agak lama ya dok. Dan untuk diagnosis sepertinya diperlukan juga info apakah keluhan ini sudah pernah dialami sebelumnya atau baru kali ini serta faktor resiko atau kemungkinan etiologi yang mungkin ada pada pasien (seperti riwayat penyakit keluarga seperti pasien, paparan sinar UV, penggunaan zat-zat yang berpotensi menjadi iritan). Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan lesi hiperkeratotik terdapat pada sumber ini semoga membantu ya dok:

https://www.healthline.com/health/hyperkeratosis
17 April 2020, 01:17
dr.SK Sulistyaningrum, Sp.KK
dr.SK Sulistyaningrum, Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
Alo Dr Asma Triasih,

Kalau melihat foto dan keluhan gatal yang dialami pasien. Kelihatannya sangat mengganggu quality of life pasien, dan ini sudah berlangsung 3mgg serta sudah diterapi steroid tidak perbaikan juga.

Diagnosis akan lebih terarah bila dilakukan anamnesis lebih detil perihal karakteristik gatal, faktor pencetus dan predisposisi pada pasien. Identifikasi apa ada zat iritan menyebabkan keluhan bertambah parah seperti rendam PK/belerang, penggunaan antiseptik atau mandi rendam air hangat-panas/air garam atau bahan2 iritan lainnya.

Saran saya segera kirim pasien untuk pemeriksaan histopatologi alias biopsi yaa. Karena diagnosis diferensialnya masih bisa dari ringan (dermatitis kontak iritan kronik berat) sampai berat ( Pitiriasis rubra pilaris (PRP), eritroderma, Eritrokeratodermia progresif, psoriasis plak, bahkan bisa keganasan Cutaneous Tcell Lymphoma).

Sementara menunggu hasil pemeriksaan pasien dapat diberikan antihistamin/antipruritus oral dan topikal serta moisturizer.

Kalau diagnosisnya sudah tegak tentu tatalaksananya akan lebih tepat dan terarah alias ga coba-coba.

Semoga bermanfaat.
Mohon maaf apabila ada kekurangan/kesalahan.
17 April 2020, 13:51

Alo dokter, mohon izin ikut berdiskusi ya dok. Apabila melihat gambaran klinis berupa papul dan plak eritematosa yang bersisik, terdistribusi universal, apa ada kemungkinan kalau ini merupakan suatu psoriasis vulgaris dok? Namun tentunya masih harus didukung dengan riwayat penyakit pasien apakah sudah pernah mengalami gejala serupa sebelumnya, dan riwayat kebiasaan pasien apakah sering terpapar bahan2 iritan.

Bisa juga didukung dengan adanya pemeriksaan fisik yang mengarah ke psoriasis dengan mencari tanda kardinal dari psoriasis yaitu fenomena tetesan lilin, tanda Auspitz berupa adanya titik perdarahan pada kulit yang terkelupas, dan fenomena Koebner dimana lesi bisa meluas ke regio yang terpapar trauma seperti goresan atau gesekan. Juga apabila keluhan disertai kelainan pada kuku jari pasien.

Semoga membantu dok, mohon maaf apabila masih ada yang kurang tepat, terima kasih.