Pasien anak perempuan usia 11 tahun dengan ruam eritematosa diskoid - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok, izin konsul mengenai pasien ini. Anak perempuan,11 tahun, sebelumnya muncul demam 3 hari. Tidak ada riwayat minum obat tertentu, alergi, tergigit...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien anak perempuan usia 11 tahun dengan ruam eritematosa diskoid

    19 November 2020, 21:40

    Dok, izin konsul mengenai pasien ini. Anak perempuan,11 tahun, sebelumnya muncul demam 3 hari. Tidak ada riwayat minum obat tertentu, alergi, tergigit serangga atau terkena bahan kimia. Saat ini muncul ruam merah bulat tersebar di paha, gatal + nyeri + muncul di lengan, wajah. Kira-kira DDnya apa ya dok? Baru kali ini keluhan seperti ini.

19 November 2020, 21:44
*revisi: tidak ada nyeri hanya gatal, tidak ada lenting/ruam yang basah
20 November 2020, 08:04

Alo dr. Arlina, 

Beberapa diagnosis dari ruam annular adalah sebagai berikut: 

  • Tinea corporis/ruris: asimetris, lesi eritematosa dengan/tanpa central healing, terdapat skuama,  batas tegas. pemeriksaan KOH postif. 
  • Granuloma annulare: Papul atau plak berwarna tanpa skuama, warna eritematosis hingga violet dengan batas haul dan tipis. Tersebar di ekstremitas. 
  • Pytiriasis rosea: Dapat dimulai denga herald patch iikuti oleh erupsi difus yang melibatkan ekstremitas. Lesi berbentuk oval, ada suama, dan kulit berwana kemerahan berbentuk papul atau plak. Gambaran seperti "christmas-tree distribuiton"
  • Eritema annulare trifugum: Annular eritematosis atau plak polisiklik dengan skuama pada batas lesi/ Ditemukan pada trunkus dan ekstremitas proksimal. 

SUmber: 

https://www.reliasmedia.com/articles/142910-all-that-is-round-is-not-fungus-a-differential-diagnosis-of-annular-lesions