Pasien Laki-laki usia 30 tahun dengan Ruam dan kemerahan kaki unilateral - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, ijin diskusi pasien klinik :Laki2 usia 30 thn dengan keluhan ruam merah, bengkak dan gatal yg menjalar hingga ke paha bagian dalam.Kurang lebih 1...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien Laki-laki usia 30 tahun dengan Ruam dan kemerahan kaki unilateral

    02 Juli 2022, 13:34
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, ijin diskusi pasien klinik :

    Laki2 usia 30 thn dengan keluhan ruam merah, bengkak dan gatal yg menjalar hingga ke paha bagian dalam.

    Kurang lebih 1 Minggu lalu pasien ada riwayat digigit serangga di area punggung kaki hingga bentol dan gatal, membaik setelah diberikan benoson.

    2 hari lalu pasien kembali mengeluh kemerahan, gatal, bengkak area punggung kaki paska menggunakan sepatu yg sama. Sudah diberikan benoson kembali namun belum membaik. Keesokan harinya terlihat kemerahan mulai dari punggung kaki hingga ke paha bagian dalam, bengkak (-), nyeri (-), gatal (-). Demam (-), luka terbuka (-)

    Pada pf didapatkan lesi makula eritem menjalar dari punggung kaki bagian dalam hingga ke paha bagian dalam, hangat (+), Edema (+) hanya dibagian punggung kaki, nyeri tekan (-), pembesaran kgb (-)

    Diagnosa kerja : dermatitis ec insect bite.

    Sudah diberikan dextamine 3x1 tab, benoson 2x1

    Apa sekiranya diperlukan rujukan ke spesialis kulit/ pemeriksaan lainnya ya? Terima kasih

04 Juli 2022, 00:42
dr.Tribakti
dr.Tribakti
Dokter Umum
Saya rasa belum perlu dirujuk, bisa diberikan terapi antibiotik sistemik dan lakukan perawatan luka sebagai tempat masuknya kuman. Evaluasi apa betul bengkak di kaki karena digigit serangga atau karena hewan lain (misal, ular), ada riwayat DM, imunodefisiensi, dll..
04 Juli 2022, 08:38
Alo dokter, izin ikut berdiskusi terkait pasien ini.
Dari gambaran klinis yang terlampir (adanya garis linear dari port de entree hingga lipat paha), saya berpikir mengarah ke limfangitis. Namun dari keluhan pasien tidak secara spesifik mengarah ke diagnosis tersebut. 
Dari kondisi pasien dapat diberikan antibiotik sistemik, NSAID dan kompres hangat untuk mengoptimalkan proses penyembuhan. 
Sekian tambahan dari saya, jika ada kesalahan mohon koreksi dan masukannya.
Terima kasih.