Rekomendasi Lifestyle Changes pada Pasien - Rehabilitasi Medik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dr. dr. Vitriana Biben, SpKFR(K),saya punya pasien wanita berusia 56 tahun yang sudah didiagnosa dengan HNP cervical dan lumbal, dan dikatakan sudah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Rekomendasi Lifestyle Changes pada Pasien - Rehabilitasi Medik Ask the Expert

    29 Juni 2022, 10:13

    Alo Dr. dr. Vitriana Biben, SpKFR(K),

    saya punya pasien wanita berusia 56 tahun yang sudah didiagnosa dengan HNP cervical dan lumbal, dan dikatakan sudah terjadi penipisan bantal hampir di semua section tulang belakang dan pengapuran pada beberapa section tulang belakang lainnya.

    Pasien sering mengeluhkan kram pada kedua kaki dan terkadang nyeri punggung-pinggang hingga tidak dapat bangun dari tempat tidur, terutama bila kasur tempat tidur dirasa tidak tepat (terlalu lembek, miring, dsb). Pasien juga sering mengeluhkan sakit pada leher dan pundak meski sudah menggunakan bantal orthopedic memory foam.

    Rekomendasi apa ya Dok yang disarankan untuk pasien ini, agar dapat mengurangi kram saat tidur dan nyeri? Lalu apakah ada latihan gerakan-gerakan yang dianjurkan?

    Terima kasih, Dok

29 Juni 2022, 10:45
Dr. dr. Vitriana Biben, Sp.KFR(K)
Dr. dr. Vitriana Biben, Sp.KFR(K)
Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

Untuk pasien ini, perlu penanganan komprehensif karena kalau melihat keluhan tampak nyeri sudah berlangsung kronis, sehingga tubuh biasanya akan menyesuaikan diri dengan melakukan kontraksi proteksi terhadap nyeri secara kontinyu, sehingga bahkan sudah mengubah alignment dari tulang belakang menjadi tidak normal (melurus) dan ini memicu nyeri karena otot-otot harus bekerja diluar biasanya secara tidak sadar. Kondisi ini tentu saja mudah sekali memicu kram dan nyeri. Menurut saya bila memang sudah dipastikan kondisi HNP masih bisa ditatalaksana secara konservatif, maka lakukan dahulu relaksasi umum (general relaxation), yoga, hidroterapi merupakan opsi latihan awal. Latihan aerobik ringan juga dapat membantu. Kemudian baru kemudian satu persatu dilakukan latihan peregangan dan penguatan untuk mengembalikan alignment dengan merelaksasi otot-otot secara selektif. Hal ini tentu memerlukan waktu yang lama dan kerjasama dari pasien. Semua ini tentu saja harus memastikan bahwa kondisi HNP adalah kondisi yang aman untuk konservatif.