Rehabilitasi Medik pada Penderita Ataksia - Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Budiati, Sp. KFR Izin bertanya dokter.Bagaimana anjuran rehabilitasi medik pada pasien yang mengalami ataksia, jenis rehabilitasi apa yang diperlukan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Rehabilitasi Medik pada Penderita Ataksia - Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Ask the Expert

    09 Februari 2021, 08:56

    Alo dr. Budiati, Sp. KFR Izin bertanya dokter.

    Bagaimana anjuran rehabilitasi medik pada pasien yang mengalami ataksia, jenis rehabilitasi apa yang diperlukan serta frekuensinya bagaimana dokter?

    Terimakasih sebelum nya dokter.

09 Februari 2021, 10:40

Alo dr. Nurul Falah, Terimakasih atas pertanyaannya.

 

Tatalaksana pada ataksia bergantung pada penyebabnya. Secara umum, tatalaksana berbasis bukti pada ataksia meliputi tatalaksana medikamentosa, rehabilitasi medik, maupun transcranial magnetic stimulation.

 

Rehabilitasi medik yang dapat dilakukan antara lain terapi atau latihan untuk strengthening, postural control, functional mobility, balance training, coordination, stimulasi sensori, mobilisasi, stretching, dan rehabilitasi vestibular. 

 

Terimakasih.

 

Sumber: Theresa A. Zesiewicz. Comprehensive systematic review summary: Treatment of cerebellar motor dysfunction and ataxia Report of the Guideline Development, Dissemination, andImplementation Subcommittee of the American Academy of Neurology. 2018;90:464-471. doi:10.1212/WNL.0000000000005055

09 Februari 2021, 10:57
Baik dokter Budiati, Terimakasih atas informasinya.