Pasien anak perempuan usia 18 bulan dengan rash - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dok. Ijin bertanyaAnak perempuan usia 18 bulan.Timbul rash pada ekstremitas bawah sejak kemarin. Pada tangan hanya sedikit .sudah diberi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien anak perempuan usia 18 bulan dengan rash

    12 Juli 2022, 11:31
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat pagi dok. Ijin bertanya

    Anak perempuan usia 18 bulan.

    Timbul rash pada ekstremitas bawah sejak kemarin. Pada tangan hanya sedikit .sudah diberi cetrizine dan dexa tetapi tidak ada perubahan.

    Minggu lalu sempat febris 2 hari,

    Apa penyebab rash nya? Terimakasih

12 Juli 2022, 12:16

ALO Dokter,

Izin ikut berdiskusi. Ruam pada bayi memiliki diagnosis banding yang cukup luas, di mana beberapa mungkin bersifat serius tetapi mayoritas bersifat tidak berbahaya dan dapat menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari/minggu. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh temperatur/cuaca yang terlalu panas/dingin, infeksi viral, atau reaksi alergi. Kortikosteroid mungkin sebaiknya tidak diberikan bila belum jelas indikasinya. Bila kondisi anak saat ini tetap aktif dan baik seperti biasanya tanpa gejala lain, mungkin ruam bisa diamati dulu beberapa hari dok. Namun, bila ada tanda bahaya seperti kaku leher, fotofobia, demam tinggi, sesak, penurunan kesadaran/tidak bisa minum/makan, orang tua diminta segera membawa anak ke dokter lagi.