Keamanan puasa pada pasien hamil, diabetes, atau dyslipidemia - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagiIzin bertanya mengenai puasa, mengingat sebentar lagi akan puasaApakah pasien boleh melakukan puasa jika sedang :1. hamil, atau2. Riwayat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Keamanan puasa pada pasien hamil, diabetes, atau dyslipidemia

    25 April 2019, 08:59

    Selamat pagi

    Izin bertanya mengenai puasa, mengingat sebentar lagi akan puasa

    Apakah pasien boleh melakukan puasa jika sedang :

    1. hamil, atau

    2. Riwayat dispepsia, atau

    3. DM

    Jika boleh, bagaimana kah cara mengedukasi nya cara berpuasa nya yang tepat, dan apakah ada penanganan khusus di masing-masi situasi tadi? Terima kasih ts 🙏

25 April 2019, 10:18

Alodokter Andrew!

Untuk puasa saat hamil, selama tidak ada penyulit apapun masih aman dok. Studi berikut menunjukkan bahwa puasa saat hamil tidak berbahaya : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3446023/

Untuk edukasinya, ingatkan ibu agar tetap menjaga kecukupan nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin. Jika ibu merasa mual atau pusing atau timbul gejala yang mengganggu, maka sebaiknya ibu membatalkan puasa. 

Pertimbangan klinisnya tetap tergangtung masing-masing pasien dok.. Jadi, sarankan juga pada pasien untuk berkonsultasi pada OBSGYN-nya.

28 April 2019, 22:37
Baik, terima kasih dokter 🙏
25 April 2019, 12:14
Alo Dok,

Saya mencoba berbagi informasi mengenai puasa dan DM serta dispesia ya dok, krn mengenai puasa dan kehamilan telah dijelaskan lengkap oleh dr. Bedry.

Pada suatu artikel yg saya baca, sebenarnya tdk ada masalah jika pasien dispepsia asal memperhatikan pola makan pada saat sahur dan berbuka, namun pada artikel lain disebutkan bahwa risiko terjadinya ulkus peptik lebih besar pada pasien dipepsia yg sedang berpuasa sehingga perlu terapi profilaksis utk mencegah munculnya keluhan.

https://www.google.com/url?sa=t&;rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&ved=2ahUKEwiVxPDWturhAhWJpY8KHeWSDvcQFjADegQIBhAC&url=http%3A%2F%2Fwww.govaresh.org%2Findex.php%2Fdd%2Farticle%2Fdownload%2F1795%2F2139&usg=AOvVaw2jN_prX3iyXc8buyqLRYC_

https://pdfs.semanticscholar.org/2fd0/93efcb38f26dfaa8238337c320bc86d640e8.pdf


Pada kasus dislipidemia, puasa justru akan membantu menurunkan kolesterol total, trigliserida dan LDL sementara pada DM, puasa akan membantu menurunkan kadar gula darah serta HbA1c asal pengaturan pola makan tetap diperhatikan. Namun perlu digarisbawahi bahwa penting utk mengedukasi perubahan jadwal makan obat pasien.

Berikut linknya dok: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25162734

Semoga membantu dok, 
28 April 2019, 22:38
Ada risiko ulkusnya lebih besar ya. Baik, terima kasih dokter 🙏
29 April 2019, 15:26
dr. Melsa Aprima, SpPD
dr. Melsa Aprima, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alo dokter Andrew, saya akan menambahkan jawaban tentang berpuasa pada pasien diabetes mellitus.

Adanya gangguan homeostasis glukosa pada pasien diabetes mellitus, menyebabkan perlunya perhatian khusus pada pasien diabetes mellitus yang berpuasa, karena pada pasien tersebut dapat terjadi beberapa komplikasi seperti hipoglikemia, hiperglikemia, KAD, dehidrasi dan trombosis.

Oleh karena itu, perlu edukasi dan penyesuaian pengobatan pada pasien diabetes mellitus yang berpuasa. 
Hal ini, sudah terangkum dalam buku panduan penatalaksanaan dm tipe 2 pada individu dewasa di bulan ramadhan, yang dibuat oleh PERKENI.

Berikut saya cantumkan link untuk mendownload panduan tersebut :
https://pbperkeni.or.id/unduhan/

Semoga membantu, 

Terima kasih