Propranolol apakah benar dapat digunakan untuk penanganan pasien dengan kanker payudara - Diskusi Dokter

general_alomedika

Beberapa penelitian belakangan ini mengatakan propranolol dapat menjadi tatalaksana yang digunakan sebagai agen anti-kanker. Propranolol akan bekerja menekan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Propranolol apakah benar dapat digunakan untuk penanganan pasien dengan kanker payudara

    26 November 2020, 14:44

    Beberapa penelitian belakangan ini mengatakan propranolol dapat menjadi tatalaksana yang digunakan sebagai agen anti-kanker. Propranolol akan bekerja menekan perubahan fenotipik yang terkait dengan fibroblas pada sel kanker pro-tumor dan pro-metastasis. Sehingga secara khusus menunjukkan bahwa propranolol mungkin dapat signifikan sebagai agen anti-metastasis pada kanker payudara. Dalam suatu penelitian propranolol dapat mengurangi proliferasi sel tumor sebesar 66% pada kanker payudara. Namun, banyak mekanisme propranolol yang diduga tidak spesifik pada jaringan sel kanker payudara dan masih perlu dieksplorasi lebih lanjut. 

    Bagaimana dengan pendapat rekan sejawat sekalian, Menurut dokter bagaimana hubungan antara propanolol dengan kanker payudara? 

    Berikut tautan sumber yang digunakan:

    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6027968/

26 November 2020, 15:19

Alo dr. Retma, terima kasih untuk sharing ilmunya, namun mungkin memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut ya dok mengenai efektivitas propranolol dalam kasus kanker payudara sendiri, karena dari hasil jurnal yang saya baca, hasil penelitiannya mengatakan tidak terdapat hubungan yang cukup signifikan antara propranolol dengan kanker payudara, berikut tautannya ya dok. Terima kasih.


https://breast-cancer-research.biomedcentral.com/articles/10.1186/s13058-016-0782-5#:~:text=Conclusions,not%20associated%20with%20improved%20survival.