Premedikasi Sebelum Transfusi Darah - Hematologi & Onkologi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Alvin, SpPD-KHOM, Ijin bertanya dok, saat ini standar protokol untuk transfusi adalah premedikasi, misalnya dengan dexamethasone. Tapi saya baca di...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Premedikasi Sebelum Transfusi Darah - Hematologi & Onkologi Ask the Expert

    28 Juni 2022, 15:53
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO dr. Alvin, SpPD-KHOM,

     

    Ijin bertanya dok, saat ini standar protokol untuk transfusi adalah premedikasi, misalnya dengan dexamethasone. Tapi saya baca di beberapa sumber terbaru, tidak berhubungan dengan penurunan kejadian reaksi transfusi. Sebaiknya untuk seperti ini bagaimana dok? 

     

    Terimakasih dokter

28 Juni 2022, 17:16
dr.Alvin Tagor Harahap
dr.Alvin Tagor Harahap
Dokter Spesialis Penyakit Dalam - Konsultan Hematologi-Onkologi Medik

ALO, Dok....

Pada saat kita pesan darah, sudah dilakukan cross match di PMI dan bank darah antara darah pasien dengan darah donor, sehingga darah yang diberikan diyakini tidak mencetuskan reaksi transfusi. Jika terjadi reaksi transfusi, mungkin sekali masih ada lekosit donor yang terikut ke dalam bag darah (harap diingat bahwa bank darah PMI mempunyai prosedur ketat pengolahan darah donor sehingga produk darah yang dihasilkan sesuai standar mutu yang tinggi. Tapi kejadian ini secara random masih dapat terjadi). Jadi premedikasi dengan kortikosteroid umumya tidak perlu diberikan, kecuali pada pasien tertentu.