Pasien usia 35 tahun dengan keluhan nyeri dada kiri kurang lebih 5 jam - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin konsultasi dokterPasien 35 thn dengan keluhan nyeri dada kiri kurang lebih 5 jam. Nyeri bertambah saat menarik nafas dan berbaring terlentang atau...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien usia 35 tahun dengan keluhan nyeri dada kiri kurang lebih 5 jam

    22 November 2021, 08:43

    Izin konsultasi dokter

    Pasien 35 thn dengan keluhan nyeri dada kiri kurang lebih 5 jam. Nyeri bertambah saat menarik nafas dan berbaring terlentang atau miring ke sebelah kiri. Mnjalar sampai ke punggung belikat kiri. Demam batuk flu disangkal.

    Dari pemeriksaan

    TD : 130/80, nadi : 52x/menit, RR :21×/mnit, T 36

    EkG sinus bradikardia HR : 51x/ menit

    RO : kP duplex lama, bronkhitis kronik??

    Baik nya d tangani jantung atau paru ya dok

22 November 2021, 09:47

ALO Dokter

Izin ikut berdiskusi ya dok. Pleuritic pain ditandai dengan nyeri tajam dan mendadak yang terjadi ketika pasien inhalasi dan ekshalasi, yang bisa memburuk saat pasien bernapas dalam, bersin, atau batuk. Jika pasien benar mengalami pleuritic pain, diagnosis banding ada banyak, termasuk akibat penyakit paru ataupun penyakit jantung.

Etiologi paru bisa berupa infeksi, COPD, adesi pleura, dan emboli paru. Sedangkan etiologi jantung bisa berupa sindrom koroner akut, perikarditis, atau gagal jantung kongestif. Untuk mengonfirmasi diagnosis mungkin selain rontgen toraks pemeriksaan penunjang seperti level troponin juga dapat dilakukan. Bila ada etiologi paru dan jantung maka keduanya perlu ditata laksana. Berikut link tentang algoritme diagnosis dan manajemen pleuritic pain ya, Dok:

https://www.aafp.org/afp/2017/0901/p306.html